Kapal Pengungsi Libya Tenggelam 600 Penumpang Imigran Afrika Tewas Akibat Kapal Kelebihan Muatan - Akibat kelebihan muatan penumpang kapal sebuah kapal tenggelam tak jauh dari pelabuhan Tripoli. Dilansir oleh Associated Press, bahwa pada hari Selasa (10/5/2011), para pengungsi yang menumpang kapal lain dengan waktu keberangkatan yang sama, menyaksikan sisa-sisa kapal yang tenggelam dan jasad beberapa korban yang mengapung di laut. Mereka melihatnya, beberapa saat setelah insiden kerusakan badan kapal terjadi.


Hampir seluruh penumpang dari kapal penuh sesak yang mengangkut 600 migran Afrika dari Libya ke Eropa tewas saat kapal tersebut tenggelam tak jauh dari pelabuhan Tripoli.

PBB menuduh Pemerintah Libya terlibat dalam meningkatnya jumlah penyelundupan pengungsi yang berakhir dengan insiden mematikan. Sebagian besar dari pengungsi merupakan pekerja dari sub-Sahara Afrika yang pindah ke Libya untuk mencari sebelum akhirnya perang pecah di negara tersebut pada Maret.

Beberapa organisasi internasional mengatakan, baru-baru ini sejumlah warga migran dipaksa dengan todongan senjata untuk menaiki kapal penuh muatan yang berbahaya.

Namun, seorang juru bicara Moammar Khadafi menyatakan, meningkatnya imigrasi ilegal merupakan akibat dari negara-negara Eropa yang memberikan dukungan militer dan politik pada pemberontak Libya yang ingin menggulingkan pemimpin Libya.

“Karena agresi NATO pada negara kami dan karena penjaga pantai perbatasan kami mendapat serangan setiap hari, kami tidak mampu mengatasi situasi ini dan itulah kenapa Eropa dibanjiri imigrasi ilegal. Kami tidak bisa menjadi penjaga Eropa saat ini,” ujar juru bicara Pemerintah Libya Moussa Ibrahim seperti dikutip Associated Press, Rabu (11/5/2011).

PBB menggambarkan kejadian tenggelamnya kapal pengungsi pada Jumat 6 Mei, yang mengakibatkan migran, sebagian besar dari Somalia, terjebak di bawah dek kapal dan tenggelam tak jauh dari pesisir Tripoli.

“Kami mengetahui ada beberapa korban selamat yang bisa berenang ke pantai, namun kami yakin hanya sedikit dari mereka yang selamat,” ujar juru bicara badan pengungsi PBB, Melissa Fleming.

Fleming mengatakan, seorang diplomat Somalia di Tripoli telah menemukan 16 jenazah, termasuk dua bayi.


Share

Baca juga info artikel berita yang berkaitan berikut :



Response to "Kapal Pengungsi Libya Tenggelam 600 Penumpang Imigran Afrika Tewas Akibat Kapal Kelebihan Muatan"

Leave a Reply

Salam Indonesia...Salam hangat dari Admin Blog Pelaut Indonesia, Semoga Anda senantiasa dalam keadaan baik dan sehat selalu...
Terimakasih buat teman-teman yang telah berkunjung ke blog personal yang berisi beragam informasi seputar dunia pelaut, artikel dan berita di Indonesia...

Silahkan beri komentar untuk tiap informasi yang Anda baca atau jika Anda memiliki akun facebook atau ingin mensubmit info ini ke situs bookmark, saya ucapkan banyak terimakasih..

Oleh Dunia Pelaut dan Pelayaran di Indonesia, Buat yang ingin tanya tentang dunia perkapalan dan pelayaran bisa kontak di 085398993330 (Hanya untuk bidang kelautan)

Penting Di Baca Untuk Calon Pelaut

W3 Directory - the World Wide Web Directory
Add to Google
ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
www.simbonsolution.com
Free 1000 Backlinks
Free Automatic Backlink
Best Backlinks
daily Bookmarks
Auto Dofollow Backlinks
Backlinks Builder
Dofollow Backlinks
Free Hundred Backlinks

Followers - Ikuti Blog Ini