Perompak Pembajak Somalia Bebaskan 24 Warga Filipina Setelah Menerima Tebusan 6 juta dolar AS - Berita Blog pelaut Indonesia kali ini masih tentang  aksi perompak Somalia.   Kapal Niaga MV Eagle Milik Yunani Di Bebaskan Oleh Perompak Somalia ,   Kawanan Pembajak Somalia melepaskan kapal berbendera Siprus milik warga Yunani yang disandera sejak Januari 2011. Mereka melepaskan kapal tersebut setelah menerima tebusan sebesar 6 juta dolar AS.

Perompak Somalia mengatakan, mereka telah melepas kapal kargo MV Eagle berbobot 52 163 ton dengan 24 kru asal Filipina di dalamnya. Kapal MV Eagle dibajak awal tahun 2011 ketika sedang melakukan perjalanan menuju dari Yordania menuju India. Kapal tersebut dibajak saat berada di sekitar 500 mil barat daya Oman.

"Kami telah menerima 6 juta dolar AS. Kapal baru saja mulai berlayar menjauh dari zona kami," kata seorang bajak laut yang mengaku bernama Kalif, kepada Reuters hari Sabtu (23/4/2011) melalui telepon dari kota pesisir El-Dhanane.

Jumlah tebusan tersebut tidak dapat diverifikasi. Tetapi, Ecoterra kelompok advokasi pemonitor pembajakan di Samudra Hindia, mengungkapkan uang tebusan telah dibayar.

"Setelah menerima tebusan besar, bajak laut Somalia melepas kru dan kapal MV Eagle. Kemudian Kapal menuju ke perairan yang aman," kata dia dalam pernyataannya.

Perang saudara selama dua dekade di Somalia mengakibatkan bajak laut berkembang di lepas pantai negara tanpa hukum itu. Bajak laut biasanya tidak membunuh kru yang disanderanya, tetapi mereka mengharapkan menerima tebusan untuk melepaskan kapal.

Kelompok bajak laut meminta puluhan juta dolar sebagai uang tebusan. Meskipun telah sukses meredam serangan bajak laut di Teluk Aden, kini angkatan laut internasional masih berjuang keras meredam pembajakan di Samudra Hindia dimana kawasannya lebih luas.

Perusahaan jasa pengapalan menghadapi biaya asuransi yang melambung tinggi, sehingga berdampak terhadap kenaikan harga komoditas. Beban ekonomi yang harus ditanggung untuk pembajakan diperkirakan sebesar 7 miliar sampai 12 miliar dolar AS per tahun. ( tribunnews.com )


Read Full story

Kapal Niaga MV Eagle Milik Yunani Di Bebaskan Oleh Perompak Somalia - Banyak pihak berharap pemerintah segera mengambil tindakan terhadap Pembajakan Kapal Milik PT Samudera Indonesia MV Sinar Kudus Oleh Perompak Somalia, Tapi karena ini menyangkut nyawa warga Indonesia perlu tindakan yang terencana bagaimana cara dan solusi terbaik untuk menyelamatkan awak kapal dari Indonesia yang sudah di sandera oleh perompak Somalia tersebut.

Kabar terbaru tenatng aksi perompak Somalia dari blog pelaut Indonesia yang di dapat dari media memberitakan kalau perompak somalia telah membebaskan Kapal Niaga MV Eagle Milik Yunani. Lalu bagaimana dengan NASIB ABK KAPAL SINAR KUDUS yang masih di sandera perompak Somalia? Coba baca bagimana   Tindakan Dan Tanggapan Pemerintah Indonesia Terhadap Nasib ABK MV Sinar Kudus Yang Di Sandera Perompak Somalia

Perompak Somalia membebaskan Kapal Niaga MV Eagle milik Yunani yang telah dibajak di lokasi 500 mil barat daya Oman ketika berlayar dari Jordania menuju India, pada Januari lalu. Kapal berbobot lebih dari 50 ton itu mengangkut 24 awak Filipina.

"Semua 24 awak selamat dan sehat," kata Andrew Mwangura, redaktur maritim media Somalia Report, Ahad (24/4).

Para perompak telah menerima uang tebusa sebesar US$6 juta. "Kami telah menerima uang tebusan. Kapal bebas dan dikawa satu kapal perang," kata Kalif, seorang perompak kepada Reuters melalui telepon dari kota pantai El-Dhanane.

Konflik dua dasa warsa di Somalia menyebabkan maraknya aksi perompakan di lepas pantai negara kacau tersebut. Para perompak biasanya tidak mencederai para sandera. Sebab, mereka berharap dapat menerima uang tebusan untuk ditukarkan dengan korban.

Kini, angkatan-angkatan laut internasional sedang berjuang untuk mengatasi aksi perompak Somalia di Samudra India. (metrotvnews.com)

Read Full story

Kapal KM Jenn Fure Shyang-16 CT 4-2403 Di Bajak dan TNI AL Gagalkan Pembajakan Kapal - Aksi pembajakan merupakan salah satu resiko yang harus di hadapi buat pelaut atau ABK. Kalau sebelumnya santer di beritakan tentang  Pembajakan Kapal Milik PT Samudera Indonesia MV Sinar Kudus Oleh Perompak Somalia dan bagaimana   NASIB ABK KAPAL SINAR KUDUS di berita Pelaut Indonesia ini.  

Baru baru ini TNI AL Gagalkan Pembajakan Kapal. Sebelumnya baca juga neh info  Kecelakaan Kapal Anggota DPR Daftar Nama Anggota DPR Yang Mengalami Musibah Kecelakaan kapal Di Perairan Sebatik Kaltim .   Satuan gugus tempur laut armada RI kawasan barat menangkap delapan orang yang membajak kapal KM Jenn Fure Shyang-16 CT 4-2403, yakni sebuah kapal penangkap ikan berbendera Taiwan, di perairan berjarak 125 mil laut arah barat daya Banten. Kedelapan orang pembajak itu merupakan anak buah kapal tersebut.

Pada Kamis (22/4/2010) petang, kapal yang dibajak tersebut, berikut kedelapan anak buah kapal yang membajak, tiba dan bersandar di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Provinsi Banten, dengan dikawal kapal TNI AL. "Selanjutnya akan diproses secara hukum sesuai ketentuan yang berlaku," kata Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Barat Laksma TNI Didit Herdiawan.

Didit menuturkan, kapal penangkap ikan tersebut mulai berangkat dari Taiwan sekitar sebulan lalu. Setelah itu kapal tadi berlayar menuju Srilanka, namun sebelumnya berhenti di Phuket, Thailand untuk mengangkut satu penumpang sebagai ABK.

Sesampai di Srilanka kapal tersebut langsung melakukan operasi penangkapan ikan di samudera Hindia, berjarak 400 mil laut sebelah barat Padang, Sumatera Barat. "Setelah dua hari dua malam selepas keluar dari Srilanka tidak bisa dihubungi oleh keagenannya. Dari kondisi itu kita mendapatkan data untuk memonitor keberadaannya," katanya.

Didit mengatakan, pihaknya kemudian langsung melakukan penyekatan dan pencegatan terhadap kegiatan yang dilakukan para pembajak yang dilaksanakan ABK kapal tersebut. "Akhirnya kapal tersebut berhasil didapatkan oleh KRI AMY tadi malam. Setelah diperiksa benar adanya bahwa di kapal tersebut betul dilaksanakan pembajakan, di mana nakodanya, yakni Chen Yin Chung berkebangsaan Taiwan, dibunuh dan dibuang ke laut," katanya.
Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2010/04/22/20045948/TNI.AL.Gagalkan.Pembajakan.Kapal

Anda tertarik ingin jadi pelaut Indonesia ? Mungkin Ada butuh info  berita pelaut dan  jadwal diklat  

Read Full story

Komunitas Pelaut Indonesia Group Pelaut Indonesia dan Forum Pelaut Indonesia - Biasanya setiap orang ingin mencari komunitas sesuai bidang yang di minati. Selain untuk tempat sosialisai, cari teman, cari info, hingga mencari job. Sama juga dengan pelaut juga ada tempat untuk share dengan sesama teman pelaut yang lainnya.

Jika Anda merasa seorang pelaut dan ingin gabung dengan komunitas pelaut lain yang ada di Indonesia mungkin informasi ini berguna untuk Anda sebagai wadah atau tempat ngumpul walau secara online, tempat berbagi informasi hingga tukar wawasan dan pengetahuan yang berhubungan dengan dunia pelaut atau pelayaran.

Berikut ini website untuk komunitas pelaut Indonesia :


Buat Anda yang sudah memiliki akun di Facebook juga bisa gabung di:

 
Selamat Bergabung dan segera saja join!

Silahkan teman teman pelaut yang ingin bergabung di komunitas tersebut, saling sapa, saling mengenal, saling berbagi informasi dengan sesama teman pelaut lain yang ada di Indonesia. Jangan lupa baca info dari blog pelaut Indonesia ini tentang  beberapa musibah  Kecelakaan kapal,   Jadwal diklat untuk pelaut, lihat video kapal  atau  Berita pelaut 


Read Full story

Pemerintah Indonesia (RI) Diminta Mengerahkan Pasukan Elite Tentara Nasional (TNI) Menghadapi Perompak Somalia - Keluarga dari orang (awak ABK) yang di sandera oleh perompak Somalia tentu berharap agar mereka selamat dari Perompak Somalia. Mereka pasti juga berharap pemerintah RI segera melakukan tindakan untuk menyelamatkan saudara mereka yang di sandera. Lalau apa   Tindakan Dan Tanggapan Pemerintah Indonesia Terhadap Nasib ABK MV Sinar Kudus Yang Di Sandera Perompak Somalia.

Pemerintah diminta mengerahkan pasukan elite Tentara Nasional (TNI), untuk membebaskan awak kapal Sinar Kudus yang merupakan Warga Negara Indonesia, dimana mereka ditahan oleh perompak Somalia, sejak 31 hari lalu. Baca juga   Pembajakan Kapal Milik PT Samudera Indonesia MV Sinar Kudus Oleh Perompak Somalia dan NASIB ABK KAPAL SINAR KUDUS 

"Kita harus mengambil tindakan tegas. Kalau memungkinkan melakukan pembebasan militer, harus dikedepankan," ujar Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP, Helmi Fauzi, kepada wartawan di Wisma Antara, Minggu (17/4/2011), siang.

Menurut Helmi, bila Pemerintah mengambil opsi mengabulkan permintaan uang tebusan yang disyaratkan oleh perompak Somalia, maka ke depannya perompak Somalia akan mengira mudah mendapatkan uang dari Indonesia. "Kalau membayar tuntutan. Ini akan menjadi kebiasaan," ucap anggota DPR dari Bidang pertahanan dan luar negeri, dan informasi ini.

Pasukan elit TNI menurutnya, sudah sangat siap melakukan aksi pembebasan tersebut, sehingga ia berpendapat tidak ada alasan lagi bagi Pemerintah untuk tidak menerjunkan mereka dalam aksi pembebasan tersebut. "Perlu dinyatakan saya sudah melihat sendiri, Kopasus dan Denjaka, mereka luar biasa hebat. Gultor tiga terbaik di dunia," katanya.

Namun ia menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah terkait opsi yang akan diambil. "Kita kasih kepercayaan, kita lihat opsi apa yang akan mereka ambil," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak 31 hari lalu hingga hari ini, sebanyak 20 WNI yang merupakan awal kapal Sinar Kudus ditahan oleh perompak Somalia (tribunnews.com)  

Read Full story

Video Kapal Tanker Menunggangi Gelombang Tsunami Jepang 2011 - Masih ingat gempa bumi yang terjadi di Jepang dan mengakibatkan gelombang tsunami? Salah seorang penumnpang dari Sebuah kapal tanker sempat merekam gelombang tsunami akibat gempa bumi yang terjadi di negara Jepang beberapa waktu lalu.


Coba lihat Video Kapal Tanker Menunggangi Tsunami Jepang 2011 dari Youtube ini :

Lihat juga  Video Kapal Pesiar (youtube) Kapal Pesiar Kelas Dunia Berjuang Melawan Ganasnya Badai dan Ombak Di Laut , berita kecelakaan kapal atau  video  lainnya.





Read Full story

Sejarah Pendidikan Pelaut Di Indonesia Pendidikan Akademis Pelaut dan Hirarki di Kapal - Apakah Anda bercita-cita menjadi seorang pelaut Indonesia? Jika ya pasti Anda butuh pendidikan untuk menjadi seorang pelaut yang profesional. Mengapa di katakan seorang pelaut? Seorang Pelaut adalah seseorang yang pekerjaannya berlayar di lautan. Dengan kata lain Pelaut berarti seseorang yang mengemudikan dan mengendalikan kapal atau membantu dalam operasi kapal di sini bisa berarti perawatan kapal atau pelayanan dari sebuah kapal. Baca cari informasi menarik dari blog pelaut Indonesia ini tentang Berita pelaut dan Jadwal Diklat Pelaut

Seseorang yang di sebut pelaut mencakup seluruh orang yang bekerja di atas kapal. Dan banyak masyarakat juga menyebutnya dengan Anak Buah Kapal atau ABK. Seorang yang memiliki pekerjaan sebagai pelaut tentu harus memiliki pendidikan yang cukup dan memadai. Karena saat sedang berada di tengah lautan banyak tantangan yang harus di hadapi terutama tantangan yang datang dari alam seperti cuaca dan gelombang yang bisa saja datang sewaktu-waktu.


Seperti apakah sejarah pendidikan kepelautan yang ada di Indonesia? Yuk kita ketahui bersama untuk menambah pengetahuan tentang kepelautan.


Pendidikan Akademis Pelaut dan Hirarki di Kapal
Pada tahun 1957, Presiden RI pertama, Soekarno, meresmikan Akademi Pelayaran Indonesia/AIP (sekarang Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) sebagai wadah pendidikan pelaut/pelayaran secara akademis. Masa pendidikannya pada awal pertama adalah selama 3 tahun, sama dengan pendidikan Akademi lainnya setingkat dengan sarjana muda pada masa itu. Pendidikan dihabiskan selama 2 tahun di kampus/asrama dan 1 tahun penuh melakukan praktek atau Proyek Laut di kapal-kapal niaga pelayaran samudra .

AIP
Pendidikan di AIP menggunakan gaya semi militer, karena memang taruna-taruna AIP adalah merupakan perwira cadangan angkatan laut. Sejak didirikan sampai kira-kira tahun 1985, hampir semua lulusan AIP terkena wajib militer dan bertugas di kapal-kapal perang RI dengan pangkat perwira muda Letda Angkatan Laut. Begitu juga pada awalnya semua taruna AIP mendapat ikatan dinas untuk menutupi kurangnya perwira laut pelayaran niaga Indonesia, yang dahulu sebagian besar masih di nakhodai oleh perwira laut Belanda. Pendidikan pelayaran di AIP banyak dipengaruhi oleh sistim pendidikan Akademi Pelayaran Belanda maupun Kingspoint Academy Amerika Serikat, karena memang hampir tiap tahunnya sebagian Taruna pilihan serta para pendidik di kirim ke luar negeri untuk tugas belajar.

BPLP di Semarang dan Makassar
Hingga dekade 70-80an menyusul berdirinya beberapa Pendidikan Pelayaran Negeri di Semarang dan Makassar dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran sebagai Crash Program memenuhi kebutuhan perwira pelayaran niaga di Indonesia. Sekarang kedua lembaga pendidikan tersebut diberi nama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)dan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar (PIP Makassar), yang memiliki kurikulum dan standar yang sama dengan STIP Jakarta. Penerimaan mahasiswa atau dikenal Taruna dilakukan satu pintu melalui Badan Diklat Perhubungan Departeman Perhubungan. Lulusan mendapatkan ijazah formal Diploma IV dengan gelar S.ST dan memiliki ijazah profesi ANT / ATT III.

Masa kejayaan pelaut Indonesia mulai sirna sejak musibah besar nasional terjadi pada tahun 1980 dengan tenggelamnya kapal KMP Tampomas II. Menyusul pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan Scrapping/Pembesi tua-an kapal-kapal yang berumur lebih dari 20 tahun, dampaknya perusahaan pelayaran nasional banyak yang gulung tikar dan tidak tertampungnya lulusan pelaut di tiga pendidikan akademi disamping Akademi dan sekolah pelayaran swasta yang lainnya.

STIP
Pada akhirnya dunia pelayaran di Indonesia mengakhiri masa krisisnya pada awal-awal tahun 90-an hingga sekarang. Sejak tahun 1998-2009, Indonesia sudah mempunyai Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran setara sarjana dengan beban studi 160 sks dengan gelar S.ST (Sarjana Sain Terapan). Jadi lulusan STIP boleh melanjutkan program S2 dan seterusnya disamping ijazah keahlian lainnya yang kalau dijumlahkan kurang lebih ada 10 sertifikat dan berstandard internasional karena memang sekarang seluruh Taruna di STIP wajib menggunakan bahasa Inggris.

Anak Buah Kapal
Anak Buah Kapal (ABK) atau Awak Kapal terdiri dari beberapa bagian. Masing masing bagian mempunyai tugas dan tanggung jawab sendiri dan tanggung jawab utama terletak di tangan Kapten kapal selaku pimpinan pelayaran.

Hierarki Awak Kapal
Terbagi menjadi Departemen Dek dan Departemen Mesin, selain terbagi menjadi perwira/Officer dan bawahan/Rating.

* Perwira Departemen Dek
1. Kapten/Nakhoda/Master adalah pimpinan dan penanggung jawab pelayaran

2. Mualim I/Chief Officer/Chief Mate bertugas pengatur muatan, persediaan air tawar dan sebagai pengatur arah navigasi

3. Mualim 2/Second Officer/Second Mate bertugas membuat jalur/route peta pelayaran yg akan di lakukan dan pengatur arah navigasi.

4. Mualim 3/Third Officer/Third Mate bertugas sebagai pengatur, memeriksa, memelihara semua alat alat keselamatan kapal dan juga bertugas sebagai pengatur arah navigasi.

5. Markonis/Radio Officer/Spark bertugas sebagai operator radio/komunikasi serta bertanggung jawab menjaga keselamatan kapal dari marabahaya baik itu yg di timbulkan dari alam seperti badai, ada kapal tenggelam, dll.

* Perwira Departemen Mesin :
1. KKM (Kepala Kamar Mesin)/Chief Engineer, pimpinan dan penanggung jawab atas semua mesin yang ada di kapal baik itu mesin induk, mesin bantu, mesin pompa, mesin crane, mesin sekoci, mesin kemudi, mesin freezer, dll.
2. Masinis 1/First Engineer bertanggung jawab atas mesin induk
3. Masinis 2/Second Engineer bertanggung jawab atas semua mesin bantu.
4. Masinis 3/Third Enginer bertanggung jawab atas semua mesin pompa.
5. Juru Listrik/Electrician bertanggung jawab atas semua mesin yang menggunakan tenaga listrik dan seluruh tenaga cadangan.
6. Juru minyak/Oiler pembantu para Masinis/Engineer

* Ratings atau bawahan

a. Bagian dek:
1. Boatswain atau Bosun atau Serang (Kepala kerja bawahan)
2. Able Bodied Seaman (AB) atau Jurumudi
3. Ordinary Seaman (OS) atau Kelasi atau Sailor
4. Pumpman atau Juru Pompa, khusus kapal-kapal tanker (kapal pengangkut cairan)

b. Bagian mesin:
1. Mandor (Kepala Kerja Oiler dan Wiper)
2. Fitter atau Juru Las
3. Oiler atau Juru Minyak
4. Wiper

c. Bagian Permakanan:
1. Juru masak/ cook bertanggung jawab atas segala makanan, baik itu memasak, pengaturan menu makanan, dan persediaan makanan.
2. Mess boy / pembantu bertugas membantu Juru masak

Sertifikat pelayaran
Saat ini untuk menjadi pelaut, seseorang harus memiliki ijazah-ijazah yang diperlukan, hal ini menyebabkan tumbuhnya sekolah-sekolah pelayaran mulai dari tingkat SLTA sampai ke perguruan tinggi. Yang mana dengan Tingkatan sebagai berikut :

lulusan SLTP dapat melanjutkan ke Sekolah Kejuruan Pelayaran (Setarap SLTA) dengan Sistim Pendidikan 3 Tahun Belajar teori 1 tahun Praktek Berlayar (PROLA) yang mana lulusan dari SKP ini mendapatkan IJasah setara SLTA dan ANT IV.

Ijazah Pelaut
Ijazah bagi pelaut (perwira) di Indonesia terbagi atas ijazah dek dan ijazah mesin.

Ijazah Dek
Ijazah Dek dari yang tertinggi adalah:

1. Ahli Nautika Tingkat I (ANT I) ; dulu Pelayaran Besar I (PB I), dapat menjabat Nakhoda kapal dengan tak terbatas berat kapal dan alur pelayaran

2. Ahli Nautika Tingkat II (ANT II) ; dulu Pelayaran Besar II (PB II), dapat menjabat:
* Mualim I/Chief Officer tak terbatas berat kapal dan pelayaran;
* Nakhoda/Master pada kapal kurang dari 5000 ton dengan pelayaran tak terbatas
* Nakhoda/Master kapal kurang dari 7500 ton daerah pantai dan harus pengalaman sebagai Mualim I selama 2 tahun

3. Ahli Nautika Tingkat III (ANT III) ; dulu Pelayaran Besar III (PB III), dapat menjabat: Mualim I/Chief Officer max 3000 DWT

4. Ahli Nautika Tingkat IV (ANT IV) ; dulu Mualim Pelayaran Intersuler (MPI): Perwira kapal-kapal antar pulau

5. Ahli Nautika Tingkat V (ANT V) ; dulu Mualim Pelayaran Terbatas (MPT): Perwira kapal-kapal kecil antar pulau

6. Ahli Nautika Tingkat Dasar (ANT D)

Ijazah Mesin
Ijazah Mesin dari yang tertinggi adalah:
1. Ahli Teknik Tingkat I (ATT I) ; dulu Ahli Mesin Kapal C (AMK C): Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer kapal tak terbatas

2. Ahli Teknik Tingkat II (ATT II) ; dulu Ahli Mesin Kapal B (AMK B), dapat menjabat:
* Masinis I/Second Engineer kapal tak terbatas
* Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW, pelayaran tak terbatas
* Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin tak terbatas, pelayaran daerah pantai

3. Ahli Teknik Tingkat III (ATT III) ; dulu Ahli mesin Kapal A (AMK A), dapat menjabat:
* Perwira Jaga (tak terbatas)
* Masinis I/Second Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW, pelayaran tak terbatas
* Kepala Kamar Mesin/Chief Engineer dengan tenaga mesin kurang dari 3000 KW daerah pantai harus pengalaman 2 tahun sebagai Masinis I

4. Ahli Teknik Tingkat IV (ATT IV) ; dulu Ahli Mesin Kapal Pelayaran Intersuler (AMKPI): Masinis kapal-kapal antar pulau

5. Ahli Teknik Tingkat V (ATT V) ; dulu Ahli Mesin Kapal Pelayaran Terbatas (AMKPT): Masinis Kapal-kapal kecil antar pulau

6. Ahli Teknik Tingkat Dasar (ATT D)

Sertifikat ketrampilan
Sertifikat ketrampilan ini merupakan sertifikat yang wajib dimiliki oleh para pelaut di samping sertifikat formal di atas. Diantaranya adalah:

1. Basic Safety Training (BST)/Pelatihan Keselamatan Dasar
2. Advanced Fire Fighting (AFF)
3. Survival Craft & Rescue Boats (SCRB)
4. Medical First Aid (MFA)
5. Medical Care (MC)
6. Tanker Familiarization (TF)
7. Oil Tanker Training (OT)
8. Chemical Tanker Training (CTT)
9. Liquified Gas Tanker Training (LGT)
10. Radar Simulator (RS)
11. ARPA Simulator (AS)
12. Operator Radio Umum (ORU) / GMDSS[4]


Read Full story

Bom Bunuh Diri Di Cirebon Memakan 25 Korban Dan Pelaku Ledakan Bom Berjubah Hitam - Beberapa waktu lalu aksi teror bom buku telah menjadi berita hangat di sejumlah media dan jadi topik utama di banyak stasiun televisi di indonesia, kini ada lagi berita serupa tapi bom bunuh diri yang terjadi di Cirebon, Jawa Barat.

Kepala Kepolisian Resor Cirebon, Ajun Komisaris Besar Herukoco menjadi korban ledakan bom bunuh diri lantaran berada di depan pelaku bom bunuh diri. Pelaku berjubah hitam ini berada di shaf kedua saat sholat Jumat akan dilangsungkan.

"Pelaku ini berada di belakang Kapolres, di shaf kedua," kata Kapolda Jawa Barat Suparni Parto kepada TV One di Jakarta, Jumat (15/4/2011).

Hingga kini, Suparni belum mengetahui kondisi terakhir Kapolres. Pasalnya, dia tengah berada di perjalanan menuju Cirebon.

Namun demikian, Suparni menyebut, sedikitnya 25 orang menjadi korban atas ledakan bom bunuh diri di Masjid Polres Cirebon Kota.

"Korban kemungkinan akan berkurang karena bisa saja ada catatan ganda," ungkap Suparni. "Mereka tersebar di sejumlah rumah sakit Cirebon." (tribunnews.com)


Read Full story

Kecelakaan Kapal Anggota DPR Daftar Nama Anggota DPR Yang Mengalami Musibah Kecelakaan kapal Di Perairan Sebatik Kaltim - Saat melakukan kunjungan kerja rombongan anggota DPR mengalami peristiwa naas yaitu kapal yang di tumpangi mengalami musibah kecelakaan. Peristiwa kecelakaan terjadi di daerah perairan sibatik Kalimantan Timur.


SEbelum Anda membaca kecelakaan kapal yang menimpa Anggota DPR komisi V lihat dulu nih  Video Aksi Pertempuran Penyerangan Melawan Pembajak Dan Perompak Somalia  dan berita pelaut serta  jadwal diklat  yang berisi info buat  anda yang ingin mengetahui seluk beluk dunia pelaut seperti nama perusahaan, lowongan kerja pelaut hingga jadwal diklat buat anda yang ingin jadi seorang pelaut di indonesia.

Kembali ke berita dari blog pelaut Indonesia bahwa Kapal rombongan anggota Komisi V DPR menabrak sebuah karang di perairan Sebatik, Kalimantan Timur (Kaltim) saat mereka baru saja melakukan kunjungan kerja peninjauan jalan dan infrastruktur di Sebatik, wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Peristiwa itu berawal saat rombongan yang terdiri dari 15 orang tersebut hendak mengunjungi Pelabuhan Sungai Nyamuk dari Nunukan, Kalimantan Timur dengan menumpang kapal patroli Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP)

"Pada saat kita berada di laut, (air) lautnya memang lagi surut. Makanya laju kapal tidak terlalu cepat. Ketika satu jam di laut, saat berada di sekitar Ambalat, kapal kandas dan nabrak karang. Kami semua terpental," ujar anggota Komisi V DPR, Lasarus, Kamis (14/4/2011).

Setelah kejadian tersebut, mereka tetap melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Sungai Nyamuk. Rombongan juga sempat mendatangi pos-pos TNI dan polisi yang ada di perbatasan.

"Jadi, walaupun agak trauma, kami tetap menjalankan tugas yang sudah dijadwalkan dalam kunker ini," jelasnya.

Mayoritas anggota Komisi V DPR hanya mengalami luka ringan seperti lecet-lecet dan sebagainya, hanya Kepala Sekretariat Komisi V Hani Yuliasih yang lukanya lumayan serius.

"Saat kejadian, saya berpegangan sangat kuat dan syukur tak mengalami apa-apa," tandas Lasarus.

Berikut ini adalah daftar nama anggota DPR yang menjadi korban kecelakaan kapal:

Berikut nama-nama rombongan yang ikut dalam perjalanan tersebut:

Yosep Umarhadi (PDIP)
Yudi Widiana (PKS)
Chairul (PKS)
Ali Wongso (Golkar)
Sadarestu (PDIP)
Toha (PKB)
Nur (PPP)
Tiro dan Hana (PAN)
Hani (Setjen DPR)

(tribunnews.com)

Read Full story

Tempat Lokasi Memancing Terbaik Di laut Indonesia - Memancing merupakan hobby yang cukup di gemari banyak orang. Butuh kesabaran untuk mendapatkan ikan. Anda Punya hobby memancing di laut tapi belum tahu dimana daftar tempat terbaik untuk memancing di daerah lautan yang ada di Indonesia?

Informasi ini masih ada hubungannnya dengan kelautan. Adakalanya kita bosen setiap hari kerja, nah saat libur mungkin saatnya refreshing. Jika kebetulan Anda hobby memancing di lautan lepas coba yuk cari lokasi terbaik untuk memancing yang ada di lautan Indonesia. Senbelumnya baca juga info lain dari Blog Pelaut Indonesia ini yang berisi info dan berita menarik seperti  berita pelaut yang berisi  BUKU PANDUAN PARA PELAUT ,   INFO DAN ALAT NAVIGASI, ada juga info buat Anda yang ingin jadi pelaut nih baca dan cari di  Jadwal diklat untuk pelaut,  info tentang   kecelakaan kapal atau mau cari video dan berita tentang   Video Aksi Pertempuran Penyerangan Melawan Pembajak Dan Perompak Somalia  

Daftar Tempat Mancing Terbaik yang ada di Laut Indonesia :

1. Laut Flores dan Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur

Di seputar laut flores seperti pulau alor , lembata , sumba , pulau komodo , hingga rote . Ombak besar dengan kedalaman laut hingga 3000 meter , menjadi tempat terfavorit para pemancing. Banyak ikan-ikan yang paling di buru disana .

2. Seputar Pulau Biaro, Sulawesi Utara dan pulau doi di kepulauan Loloda utara, Halmahera, Maluku Utara .

Kedalaman laut hingga 5000 meter , ombak yang besar, cuaca dan angin yang sering berubah dengan laut pasifik yang kaya akan ikan berukuran besar sangat digemari oleh pemaancing . Infrastruktur wisata memancingnya belum tersedia, namun terdapat kapal tradisional . Di sekitar pulau biaro terdapat tiga sea mount reef yang kaya ikan besar . di pulau ini juga sering diadakan kompetisi tahunan Kasal Cup International Sport Fishing Tournament.

3. Laut Banda, Laut Aru, Laut seputar pulau Kei, Maluku

kedalaman yang mencapai 5000 meter ombak yang juga besar dan angin yang pasti selalu berubah .
infrastrukturnya untuk wisata sangat memadai , namun untuk memancing belum tersedia . biasa nelayan menyewakan kapal tradisionalnya , terdapat banyak zona Drop Off yang menjadi sarang ikan besar .

4. Laut Pulau Biak , Papua Barat

Kedalaman laut >1000 meter . ombak tenang, dengan angin sering berubah . Sangat cocok untuk memancing dengan teknik popping , jigging dan trolling . Tersedia infrastruktur wisata memancing , sejumlah resort menyewakan kapal.

5. Laut Fakfak, Kanka hingga Kaimana , Papua Barat .

Kedalaman laut lebih dari 1000 meter dengan angin yang sering berubah . Tempat terbaik untuk memancing tuna . dengan berat 90 kg, waktu terbaik untuk memancing adalah bulan Nopember. Tersedia infrastruktur wisata memancing sejumlah resort yang menyewakan kapal dengan ABK berpengalaman .

6. Laut Bali selatan terutama di gugusan seputar Nusa Ceningan dan Lembongan .

Tersedia infrastruktur wisata memancing memadai, tempat favorit untuk popping , jigging ,trolling , dan ombak pun cukup tenang .

7. Laut sekitar pulau Karimunjawa hingga pulau di sekitar Madura , Jawa Timur .

Aneka jenis ikan tenggiri, kakap , giant travelly dan tuna bisa anda buru disini.
Infrastruktur wisata belum tersedia .

8. Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, pantai Malimping, dan Binuangeun, Ujung Kulon dan laut disekitar Krakatau , Banten.

Tempat memancing dengan infrastruktur memancing terbaik di Indonesia, di Malimping dan Binuangeun, kabupaten Lebak Banten tersedia kapal memancing dilengkapi GPS dan Fish finder dengan ABK terbaik dan berpengalaman . Merupakan tempat favorit pemancing dari jakarta dan sekitarnya, di tempat ini pula sering diadakan turnamen mancing misalnya ; di Pelabuhan Ratu terdapat kompetisi bergengsi indonesia, Presiden Cup Fishing Tournament . Sedangkan di Binuangeun terdapat kompetisi Nusantara Fishing Tournament, termasuk IFT Fishing Tournament yang sudah beberapa kali diadakan di Binuangeun.

9. Perairan kepulauan Mentawai, Siberut Sumatera Barat .

Terutama di sekitar karang sibora. Infrastruktur memancing belum tersedia, namun bagi anda yang ingin memancing dapat menyewa kapal tradisional milik nelayan sekitar .

10. Pulau Weh Sabang, Aceh .

Terutama di sekitar gugusan karang pulau Silaku, infrastruktur wisata belum memadai di pulau weh ini.

catatan : Lokasi dituturkan oleh Dudit Widodo pemancing handal yang telah menjalani beberapa medan mancing di Indonesia , Dudit Widodo juga produser acara mancing mania . (sumber : tips-artikel.co.cc)


Read Full story

Cara Kerja Kapal Laut Dan Prinsip Kerja Mesin Penggerak Utama Kapal Dan Mesin Bantu - Mungkin Anda termasuk salah seorang yang sering menggunakan jasa kapal sebagai alat transportasi. Tapi terpikirkah oleh Anda bagaimana Kapal laut yang begitu besar da berat bisa berjalan di tengah samudera yang penuh dengan ombak dan gelombang yang sangat tinggi dan berbahaya. Ayo kita cari tahu prinsip cara kerja kapal laut.


Informasi dari blog pelaut Indonesia ini mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui dunia kepelautan. Tapi ada info menarik lainya yang bisa anda baca di berita pelaut, jadwal diklat untuk anda yang ingin jadi pelaut, kecelakaan kapal yang berisi beberapa musibah tentang kapal hingga pembajakan kapal. Atau Anda ingin tahu dimana Perusahaan Perkapalan Indonesia Dan Daftar Alamat Perusahaan Pelayaran Lengkap Di Indonesia  klik saja linknya ya..


1. Radial Engines
Mesin radial adalah susunan mesin pembakaran dalam, dimana silinder diatur mengelilingi arah sebuah pusat poros engkol seperti jeruji pada roda. Pembakaran ini secara umum digunakan mesin pesawat sebelum digantikan dengan mesin poros turbo dan turbo jet. Mesin Radial ini digunakan untuk menggerakkan baling-baling pesawat.

2. Mesin Uap
Mesin uap adalah mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Mesin uap digunakan dalam pompa, lokomotif dan kapal laut, dan sangat penting dalam Revolusi Industri.

3. Mesin Jahit
Mesin jahit adalah peralatan mekanis atau elektromekanis yang berfungsi untuk menjahit.

4. Mekanisme Maltese Cross
Maltese Cross adalah mekanisme yang menerjemahkan sebuah rotasi terus-menerus menjadi gerakan berputar yang berselang. Mekanisme jenis inilah yang menjadi dasar pembuatan mesin jam.

5. Mekanisme Transmisi Manual
Transmisi manual adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R).

6. Constant Velocity Joint
Constant Velocity Joint memungkinkan poros berputar untuk mengirimkan daya melalui sudut variabel, kecepatan rotasi konstan, tanpa peningkatan berarti dalam gesekan atau bermain. Mekanisme ini biasanya terdapat pada system pergerakan pada roda mobil.

7. Sistem Torpedo Penghancur Pada Kapal
Torpedo adalah proyektil berpenggerak sendiri yang ditembakkan di atas atau di bawah permukaan laut dan kemudian meluncur di bawah permukaan laut dan dirancang untuk meledak pada kontak atau pada jarak tertentu dengan target. Torpedo dapat diluncurkan dari kapal selam, kapal permukaan, helikopter atau pesawat.

8. Rotary Engine
Rotary engine adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu. Orang lebih mengenal mesin rotor dengan sebutan piston. Karena mesin rotor sangat kompak, ringan, mesin ini banyak digunakan pada berbagai kendaraan dan peralatan seperti pada mobil balap, pesawat terbang, go-kart, speed boat.

Sumber : kaskus.us

Read Full story

Tindakan Dan Tanggapan Pemerintah Indonesia Terhadap Nasib ABK MV Sinar Kudus Yang Di Sandera Perompak Somalia - Setiap warga negara harus mendapat perlindungan dari pemerintah. Demikian juga terhadap nasib sejumlah awak kapal yang telah di sandera oleh pembajak dan perompak Somalia. Apa rencana pemerintah Indonesia dalam membebaskan ke 20 rakyatnya yang saat ini masih terkatung-katung di tengah lautan?

Aksi penyanderaan Kapal Indonesia, MV Sinar Kudus, oleh perompak Somalia memasuki hari ke-28.  Baca Pembajakan Kapal Milik PT Samudera Indonesia MV Sinar Kudus Oleh Perompak Somalia ,   NASIB ABK KAPAL SINAR KUDUS,   atau  lihat   Video Aksi Pertempuran Penyerangan Melawan Pembajak Dan Perompak Somalia   . Nasib 20 awak kapal masih terkatung-katung di tengah lautan. Minim makanan, kurang air bersih, beberapa di antaranya bahkan kritis akibat sakit keras. Di tengah ketidakpastian itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya angkat bicara.

SBY membantah anggapan pemerintah bersikap pasif. “Begitu mendengar pembajakan kapal di lepas pantai Somalia, saat itu kami telah bekerja. Yang aktif di sini adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Menteri Luar Negeri, TNI dan BIN (Badan Intelijen Negara),” kata SBY saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Selasa siang.

Semua opsi telah dipertimbangkan, kata Presiden. Tapi, apa tindakan yang akan diambil, masih dirahasiakan. “Tidak semua opsi bisa kami jelaskan ke publik. Mengapa? Karena menyangkut keselamatan saudara-saudara kita yang disandera, menyangkut keselamatan yang bisa saja mengemban tugas tertentu (sebagai) pembebas,” jelas SBY.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Agus Suhartono mengungkapkan, TNI punya kemampuan menumpas pembajak MV Sinar Kudus. "Menumpas pembajak, kami bisa," katanya di Kantor Presiden. Akan tetapi, dia mengatakan pemerintah memilih mengutamakan langkah diplomasi. "Karena keselamatan anak buah kapal menjadi hal utama.”

Saat ini, kata Agus, upaya negosiasi terus dilakukan baik oleh pemilik kapal, PT Samudera Indonesia, maupun pemerintah. Panglima menambahkan, memang ada opsi operasi militer yang juga disiapkan pemerintah, "Tapi, kami tidak bisa menyampaikannya.”

Sementara itu, Pemerintah Somalia sendiri meminta Indonesia menggelar operasi militer untuk membebaskan para sandera. Hal itu diungkapkan Duta Besar Somalia Mohamud Onow Barow kepada Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie saat bertemu di Jakarta, Selasa sore, 12 April 2011.

"Dubes Somalia sudah bertemu Ketua Umum Golkar menjelaskan posisi ABK Indonesia yang disandera perompak Somalia. Pembicaraan tadi dimulai dari jam setengah lima sampai enam sore. Banyak hal dibicarakan," ujar Wakil Sekjen Bidang Hubungan Internasional Partai Golkar, Happy Bone Zulkarnaen. "Dubes Somalia menyampaikan bahwa jangan dibesar-besarkan eksistensi perompak, karena menyebabkan mereka kian tinggi nilai tawarnya. Selain itu, Dubes tadi juga meminta Indonesia tegas, kalau perlu melakukan aksi militer.”

Happy menjelaskan pemerintah Somalia bersedia penuh bekerja sama dengan militer Indonesia dalam operasi menumpas perompak. "Pemerintah Somalia akan bahu membahu kalau ada aksi militer dari pemerintah Indonesia, baik darat dan laut, termasuk izin untuk menggempur mereka," ujarnya.

Apapun opsi yang dipilih, keluarga para awak kapal sedang menanti tindakan nyata dan segera dari pemerintah.

Ketua Kesatuan Pelaut Indonesia, Hanafi Rustandi, menuntut pemerintah bersikap lebih tegas dan segera untuk menyelamatkan para sandera. "Posisi mereka sudah sulit. Kalau dibutuhkan militer harus turun tangan. Kenapa tidak?" ujar Hanafi.

Korea Selatan dan Malaysia

Tekanan terhadap pemerintah kian membesar, karena negeri jiran pernah sukses membebaskan warga negaranya dari sekapan perompak Somalia.

Januari lalu, Angkatan Laut Malaysia pernah berhasil membebaskan 23 kru kapal tanker MT Bunga di Teluk Aden. Di pihak perompak, tiga orang terluka. Kunci keberhasilan Malaysia adalah mereka memang telah bersiap menghadapi perompakan. Kapal dan helikopter AL Malaysia bersiaga 22 kilometer dari MT Bunga. Tentara Malaysia langsung menyerbu kapal sesaat setelah perompak bersenjata beraksi. Para awak kapal pun paham benar apa yang harus dilakukan saat kapal mereka diserbu bajak laut. Mereka langsung mengunci diri di sebuah ruangan dan mengaktifkan panggilan darurat.

Atau lihat cara Korea Selatan merebut kembali kapal mereka, yang memuat bahan kimia Samho Jewelry yang dibajak perompak 5 Januari 2011 lalu. Korsel mengerahkan kapal perang Choi Young, sebuah kapal penyerang, helikopter Lynx, dan 300 tentara untuk membebaskan kapal itu. Delapan perompak tewas, sementara 21 kru kapal, termasuk dua WNI berhasil diselamatkan. Satuan pembebas ini disebut unit Cheonghae. Dibentuk pada 2009, unit ini bertugas memastikan keamanan kapal-kapal kargo Korea Selatan yang melewati perairan Somalia.

Bisakah Indonesia meniru keberhasilan dua negara itu?

“Kasus kali ini berbeda dengan Korsel dan Malaysia. Kala itu para perompak masih berada di Teluk Aden sehingga mudah melakukan koordinasi dengan para pasukan internasional yang berada di sana," ujar Deputi Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan HAM, Sagom Tamboen, kepada VIVAnews. "Perompak yang menahan kapal Indonesia diperkirakan telah memasuki perairan Somalia, sehingga menyulitkan kita untuk masuk.”

Tamboen menjelaskan bahwa perizinan untuk memasuki wilayah perairan Somalia juga bermasalah. "Somalia dianggap sebagai negara gagal dengan pemerintahan yang tidak efektif. Kalau sudah begini, kepada siapa kami meminta izin?" dia berkilah.

Disandera 10 bulan

Bagaimana gambaran para perompak, diungkapkan oleh Aep Saepudin. Dia adalah salah satu yang disandera di kapal pancing berbendera Taiwan, Win Far 161. "Saya disandera perompak Somalia selama 10 bulan. Mulai 6 April 2009 hingga 11 Februari 2010," ujar Aep kepada VIVAnews, Selasa, 12 April 2011.

Saat itu, bajak laut meminta tebusan US$9 juta dalam waktu tiga hari. Namun, negosiasi buntu. Menurut dia, apa yang diberitakan soal kondisi MV Sinar Kudus adalah nyata.

"Tekanan memang ada, todongan senjata jadi makanan kami sehari-hari. Namun, sampai perompak membunuh, tidak sejauh itu. Kalau ada yang tewas, meninggal, itu bukan karena kekerasan, tapi karena sakit, kekurangan makan. Saat itu kami tak minum sama sekali selama tiga hari," kata dia. "Memang tekanan 1-2 bulan pertama tinggi, tegang. Tapi, kalau untuk membunuh, tidak."

Diceritakan pria asal Bandung ini, kekurangan air bersih dan makanan jadi kendala utama. Oleh para perompak, kru kapal dibekali beras bantuan pengungsi. "Raskin (beras untuk rakyat miskin) masih mending. Pokoknya nggak enak banget," tambah dia. Tiga pelaut tewas akibat kekurangan gizi dan beri-beri. Kematian rekan-rekannya, satu persatu, membuat para awak kapal putus asa.

Aep menggambarkan ketegangan hidup mereka di kapal sebagai sandera--32 awak kapal dari China, Taiwan, Filipina, dan Indonesia. Mereka semua ditahan di geladak. "Kami tidur bersama bom. Ada mortir, C4, disimpan di geladak bersama 32 kru. Para perompak memegang remote control dan detonator. Kalau ada pasukan khusus datang, mereka siap bunuh diri bersama kami," kata Aep.

Oleh perompak, Win Far 161 dijadikan ‘kapal induk’ untuk membajak kapal lain. Para sandera pun dijadikan tameng hidup.

Dia memperkirakan kondisi MV Sinar Kudus lebih baik. "Kalau saya perkirakan, Sinar Kudus kan kargo, persediaan makanannya kuat sampai tujuh bulan. (vivanews.com)


Read Full story

Video Aksi Pertempuran Penyerangan Melawan Pembajak Dan Perompak Somalia - Perompak Somalia yang sering melakukan pembajakan terhadap kapal yang sering melintasi lepas pantai Somalia ini tampaknya harus mau berhadapan dengan banyak negara khususnya buat warganya yang telah di sandera oleh perompak Somalia. Lau bagaimana dengan tindakan pemerintah Indonesia setelah sejumlah pelaut yang berasal dari Indonesia disandera oleh perompak Somalia?


Pada pertengahan 2010, para perompak Somalia juga beraksi dengan membajak kapal tanker Rusia MV Moscow University yang tengah melintas di Teluk Eden, Yaman. Kapal bermuatan 86 ribu ton kelapa sawit senilai Rp56 miliar ini dibajak oleh 11 perompak Somalia.

Untuk membebaskan 23 warganya yang disandera, pemerintah Rusia mengirimkan kapal perang militernya. Dalam aksi pembebasan sandera, militer Rusia berhasil menangkap 10 perompak, namun 1 perompak tewas dalam pertempuran di laut itu. Lihat video Aksi Melawan Perompak Somalia di sini.

Selain Rusia, marinir Korea Selatan juga membantu membebaskan warga negaranya yang disandera perompak Somalia. Dalam aksi pembebasan itu, 8 pembajak tewas, dan 21 anak buah kapal Samho Jewelry yang mengangkut 15 ribu bahan kimia berhasil diselamatkan. Para awak berasal dari Korea Selatan, Indonesia, dan Myanmar.

5 Bajak laut itu ditangkap karena membajak kapal Samho Jewelry yang mengangkut 15 ribu bahan kimia. Kapal itu dibajak pada 15 Januari dan dibebaskan pada 21 Januari oleh tim khusus pasukan Korea Selatan.

Dalam aksi penyergapan yang dilakukan pasukan khusus Korea itu, 8 pembajak tewas, sedang 21 kru berhasil diselamatkan. Para awak kapal itu 8 berasal dari Korea Selatan, 2 dari Indonesia, dan 11 dari Myanmar. (vivanews.com)





Read Full story

Pembajakan Kapal Milik PT Samudera Indonesia MV Sinar Kudus Oleh Perompak Somalia -
Nampaknya aksi Perompak Somalia sangat meresahkan banyak negara yang tengah melakukan perjalanan pelayarannya dan melewati daerah yang menjadi aksi pembajak dari Somalia. Baca dulu nih NASIB ABK KAPAL SINAR KUDUS. Dalam insiden tersebut 20 ABK Indonesia disandera pembajak. Duta Besar Somalia untuk Indonesia meminta maaf atas insiden ini.

"Saya meminta maaf atas yang terjadi di Somalia (pembajakan)," ungkap Dubes Somalia untuk Indonesia Mohammud Alow Borow di Jakarta, Rabu (13/4/2011).

Seperti diketahui, 20 ABK Sinar Kudus disandera saat berlayar di sekitar perairan Somalia. Hampir satu bulan para ABK ditahan para pembajak. Kondisi para sandera dikabarkan tidak sehat selama ditahan oleh para pembajak.

Saat ini proses negosiasi pembebasan ABK masih berlangsung. Dubes Borow mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia guna membahas masalah ini.

"Saya terus melakukan pembicaraan dengan pihak Kemenlu membahas situasi ABK. Kami terus berhubungan setiap hari," tutur dubes yang fasih berbahasa Indonesia ini.

ABK kapal Sinar kudus disandera oleh pembajak Somalia sejak 16 Maret lalu. Setelah hampir satu bulan, belum ada kabar mengenai upaya pembebasan dari ABK.

Belum ada tanda Pemerintah Indonesia akan mengerahkan kekuatan militer untuk membebaskan para sandera. Pemerintah terus mengupayakan jalur diplomasi untuk membebaskan para ABK Sinar Kudus tersebut. Baca juga info menarik tentang   Berita Pelaut  atau   Jadwal Diklat  barangkalai saja Anda butuh info yang berkaitan dengan dunia pelayaran dan kelautan.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2011/04/13/337/445504/20-wni-disandera-perompak-dubes-somalia-minta-maaf

Read Full story

Video Kapal Pesiar (youtube) Kapal Pesiar Kelas Dunia Berjuang Melawan Ganasnya Badai dan Ombak Di Laut - Yang terbayangkan oleh kita saat mendengar nama kapal pesiar pastilah sebuah kapal yang sangat megah dan mewah untuk tour atau traveling mengelilingi berbagai negara. Pendapat tersebut tidaklah salah. Tapi bagaimana selama kapal pesiar tersebut mengarungi lautan luas dengan ombak dan badai yang setiap saat datang tanpa di duga.


Beberapa waktu lalu blog pelaut Indonesia ini menginformasikan   Video Penemuan Kapal Nabi Nuh kini coba buat info yang masih ada hubungannya dengan  video kapal.   Salah satu contohnya adalah kapal pesiar yang ada dalam video youtube di bawah ini. Kapal pesiar ini dalam sebuah perjalanan berlayar dari Tunis ke Barcelona. Di tengah lautan ombak besar setinggi sekitar 10 meter menghantam kapal pesiar tersebut.

Kapal pesiar dengan nama Voyager tersebut tidak dapat menghindar lagi disaat badai Valentina yang kala terjadi. Badai Topan Valentina ini menghancurkan isi kapal ini, memporak -porandakan semua barang-barang. Berita baiknya tidak ada korban jiwa. Meskipun tidak ada korban nyawa dalam bencana tersebut tapi pemandangan yang ada di video ini sangat mengerikan. Coba lihat juga  beberapa info tentang  kecelakaan kapal dalm blog pelaut Indonesia ini. 

Kapal yang berbobot mati 68,000 ton dipermainkan oleh ombak setinggi 10 meter bak kapal mainan.
Voyager membawa 776 orang penumpang. Sebagian besar penumpang berkebangsaan Spanyol. Voyager dihantam badai sekitar 100 km (60 mil) dari Palma, Majorca, sekitar 0.800 GMT.
Kapal ini diselamatkan oleh satu kapal penyelamat Perancis dan satu lagi dari Spanyol. Bersama beberapa pesawat dan helikopter.

Ini dia video kapal pesiar yang tengah berjuang melawan ganasnya ombak sekitar 10 meter dari youtube.



Read Full story






Read Full story

Kapal Nabi Nuh : Ini Dia Video Penemuan Kapal Nabi Nuh - Selama ini kita hanya mendengar cerita tentang kapal Nabi Nuh. Di kisahkan kalau kapal Nabi Nuh di gunakan untuk menyelamatkan umat manusaia serta makhluk bumi yang lainnya akibat dari bencana banjir yang begitu dasyat karena pada masa tersebut umat manusia telah ingkar pada ajaran Allah.

Kalau kemarin-kemarin blog pelaut Indonesia ini menuliskan info berita pelautjadwal diklat pelaut  atau  kecelakaan kapal yang mudah-mudahan informasi tersebut berguna untuk Anda, kini coba buat info lain yang masih ada kaitannya dengan informasi pelaut yaitu tentang Kapal Nabi Nuh. Klaim mengejutkan dikeluarkan peneliti 'Noah's Ark Ministries International' dari China dan Turki tentang penemuan kapal Nabi Nuh.

Mereka mengaku menemukan bahtera atau kapal Nabi Nuh yang digunakan untuk menyelamatkan umat manusia dan mahluk Bumi lainnya dari bencana banjir bah yang diyakini menenggelamkan separuh dari daratan Bumi, 4.800 tahun silam.

Sisa-sisa bahtera Nuh Nuh ditemukan berada di ketinggian 4.000 meter di Gunung Agri atau Gunung Ararat, di Turki Timur.

Tak hanya mengajukan klaim, kelompok peneliti ini juga menampilkan foto dan membawa specimen dari kapal sebagai bukti penguat.

Mereka juga membuat rekaman dokumentasi di dalam benda mirip kapal, ukurannya besar, sebagian besar permukaannya tertutup salju -- yang diyakini bahtera Nuh yang legendaris.

Video itu membawa kita masuk ke dalam bahtera Nuh. Seperti dilansir YouTube, para peneliti memukul-mukul papan-papan coklat, untuk membuktikan itu terbuat dari kayu.

Untuk masuk ke lambung kapal, peneliti harus menggunakan tambang.

Kisah Nabi Nuh diceritakan dalam ajaran tiga agama besar, Islam, Kristen, dan Yahudi -- memicu misi pencarian sisa-sisa kapal legendaris tersebut.

Klaim penemuan di lokasi Gunung Ararat ini bukan kali pertamanya. Namun, klaim itu tak ada yang disertai bukti kuat.

Pada 1970, seorang pria Armenia Georgie Hagopian, mengklaim telah mengunjungi bahtera Nuh dua kali sekitar tahun 1908 /1910 dan 1906

Hagopian mengklaim dia menaiki kapal Nuh dan berjalan di atapnya.

Lalu ada, Ed Davis, prajurit AS berpangkat sersan yang bertugas dalam Perang Dunia II di Hamadan, Iran. Dia dilaporkan telah mendaki Gunung Ararat pada 1943. Dia mengaku bisa mengintip bagian dalam bahtera itu, namun tak berani untuk mendekat.  (vivanews.com)

Lihat Video Kapal Nabi Nuh dari Youtube di bawah ini :





Read Full story

Kapal pelni fudi terbalik

Diposting oleh Ridwan Borneo 1 komentar

Sebuah kapal penumpang milik PT Pelni terguling di dermaga galangan PT PAL Surabaya, Jawa Timur, Rabu (6/4) pagi. Kepala Syahbandar Tanjung Perak Surabaya Edwin Rosmali mengatakan, kapal KM Fudi Jakarta terguling usai jalani perbaikan yang berlangsung selama sepekan.


KM Fudi dalam posisi miring 90 derajat. Separuh badan kapal tenggelam. Pengurus Syahbandar Tanjung Perak Surabaya akan menurunkan sejumlah tim menyelidiki kasus
Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Selain itu kejadian ini juga tak menganggu aktifitas pelayaran di Pelabuhan Tanjung Perak. Sebab musibah terjadi di area dok PT PAL Surabaya.


PT PAL Indonesia dan PT Pelni menurunkan tim untuk meneliti penyebab tergulingnya Kapal Motor Fudi Jakarta pada Rabu kemarin. Tim juga bekerja mengembalikan kapal roro milik PT Pelni tersebut ke posisi normal. Hingga Kamis (7/4), kapal Fudi Jakarta masih terbalik dengan kemiringan 90 derajat di dermaga dok PT PAL Surabaya, Jawa Timur.

Dalam hal ini PT PAL Indonesia dan Pelni juga menerjunkan tim penyelam dari TNI Angkatan Laut. Pemilik kapal PT Pelni belum tahu kerugian material akibat kejadian ini [baca: KM Fudi Jakarta Terguling]. Insiden itu membuat jadwal beroperasi kapal penumpang roro Fudi Jakarta yang digunakan untuk penyeberangan Merak-Bakauheni terganggu
(sumber:liputan6.com)

Read Full story

Kapal motor cargo maharani terbakar

Diposting oleh Ridwan Borneo 0 komentar

Satu lagi kecalakaan kapal terjadi di 2011.Sebuah kapal motor maharani yg baru saja di perbaki di pelabuhan gresik dan baru ke surabaya dan akan berlayar kekalimantan terbakar di pelabuhan di surabaya.Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini namun kerugian di taksir miliyaran rupiah.

Kapal motor kargo KM Maharani jurusan Surabaya-Kalimantan, Selasa (5/4) petang, terbakar di perairan Pelabuhan Tanjungperak, Surabaya, Jawa Timur. Diduga, kebakaran terjadi karena hubungan pendek arus listrik dari kamar mesin kapal.

Peristiwa terjadi saat kapal hendak berlayar usai perbaikan mesin di bengkel kapal Pelabuhan Gresik. Dalam kejadian ini, tiga tugboat atau kapal tunda yang berfungsi pemadam kebakaran milik Syahbandar Pelabuhan Tanjungperak berupaya mengatasi kebakaran.

Hingga kini, petugas Kantor Syahbandar kelas utama Tanjungperak, masih memeriksa 17 anak buah kapal (ABK) dan kapten kapal. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini

sumber: liputan6.com

Read Full story

Tak seperti biasanya tahun ini cuaca dilaut pada maret dan april gelombang masih mencapai tiga dan empat meter melanda laut indonesia.Hingga berita ini di turunkan kapal kapal yg di bawah 800 ton masih menumpuk di di semarang atau yg terjebak di laut jawa,berlabuh atau berlindung di pulau pulaui kecil seperti karimata,,karimun jawa,dan pelapis kepulaun.Kapal motor cahaya kencana pun tak mampu melawan ombak dan tenggelam.

Kapal motor cahaya kencana tujuan ketepang kalimantan barat,membawa semen dari jakarta terseret di sebelah utara laut cirebon,akhirnya tenggelam terhempas ombak yg mencapai tiga meter,,nakhoda sudah berusaha mencari tempat perlindungan namun belum sampai ketempat perlindfungan tenggelam di perairan cirebon.Seluruh awak kapal selamat mereka terpecah menjadi dua kelompok.Kelompok pertama berhasil di tolong kapal tujuan cirebon sedangkan kelompok mkedua berhasil di tolong kapal ikan atau nelayan.Kelompok ke du langsung membawa anak buah kapal ke rumah sakit bhayangkari karna salah satu anak buah kapal putus kakinya waktu berusaha menyelamatkan diri dan terjun ke laut.Sayang karna besarnya ombak membuat anak buah kapal tersebut terperosok ke dalam lubang kamar mesin dan terjepit besi coran yg terus menghipimpit bergerak karan di goyang ombak.



Read Full story

Penting Di Baca Untuk Calon Pelaut

W3 Directory - the World Wide Web Directory
Add to Google
ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
www.simbonsolution.com
Free 1000 Backlinks
Free Automatic Backlink
Best Backlinks
daily Bookmarks
Auto Dofollow Backlinks
Backlinks Builder
Dofollow Backlinks
Free Hundred Backlinks

Followers - Ikuti Blog Ini