Kapal perang AS USS Howard Kapal Anti perompak Milik Amerika Serikat - Kedatangan kapal dari Amerika Serikat bernama USS Howard ke Indonesia ini merupakan bagian dari kerjasama militer antara negara Indonesia dengan AS. Kapal USS Howard berlabuh ke pelabuhan Tanjung Priok pada hari Rabu tanggal 25 Mei 2011.


Kapal Perang AS, USS Howard, merapat ke Indonesia, tepatnya di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (25/5). Kedatangan USS Howard merupakan bagian dari bentuk kerjasama militer AS dan Indonesia dalam wadah Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2011. Selain USS Howard, dua Kapal-Kapal perang AS lainnya, yakni kapal pendarat amphibi (amphibious dock landing ship) USS Tortuga LSD 46 dan kapal kelas Fregat USS Reuben James FFG 57.

Republika.co.id, Senin (30/5), berkesempatan untuk melihat lebih dekat USS Howard. Nama kapal ini diambil dari AS pada Perang Vietnam, Jimmie Howard. Dia memimpin 18 orang saat menyerang angkatan laut Viet Cong pada 1966. Kapal ini memiliki moto "Siap untuk Menang" ini selesai dibuat pada 1998 dan pertama kali bertugas pada 20 Oktober 2001. Sederet prestasi diraih kapal ini. Salah satunya, keberhasilan membebaskan kapal Ukraina bernama Faina yang dibajak oleh perompak Somalia, Februari 2009.

Diawal berkeliling, Republika.co.id, berkesempatan melihat aksi tiga orang perwira memamerkan peralatan yang biasa digunakan dalam operasi Pertempuran Penyerangan. Dalam aksi itu, diperlihatkan sejumlah peralatan seperti tali pemanjat, medis dan perangkat perusak kapal. Alat-alat yang digunakan oleh tim penyerang yang terdiri dari 18 orang ini berfungsi untuk mendobrak pintu masuk ataupun dinding kapal.Sebagai pendukung tim ini juga dilengkapi dengan senapan serbu M4 dan pistol berkaliber 9 mm.

“Dalam satu kali operasi penyerangan, tim penyerangan USS Howard membutuhkan waktu dua jam hingga 19 jam tergantung dengan kondisi lapangan,” papar salah seorang Perwira, Alex Herrera yang kebetulan memandu Republika.co.id.

Usai melihat aksi penyerangan, Republika.co.id, juga berkesempatan melihat perlengkapan pemadam kebakaran. Menurut Alex, dalam operasi penyerangan terhadap perompak tidak menutup kemungkinan ada serangan yang berbahaya bagi kapal. Terlebih, tidaklah mungkin untuk mengandalkan pemadam kebakaran ketika berada di laut. Karena itu, peran tim pemadam kebakaran tak kalah penting.

“Setiap Awak Kapal  memiliki kemampuan untuk menggunakan alat-alat pemadam kebakaran seperti penggunaan seragam anti api, tabung oksigen dan peralatan pendobrak dinding,” kata dia.

Selanjutnya, Republika.co.id, juga berkesempatan untuk melihat berbagai persenjataan yang dimiliki USS Howard. Alex menerangkan, ada 11 senapan mesin kaliber 50 yang diletakkan di setiap sisi. Senapan mesin ini digunakan bila kapal harus berhadapan langsung dengan musuh. Faktor kewaspadaan juga menjadi poin utama dari keberadaan 11 senapan mesin ini. Selanjutnya, Alex juga memperlihatkan peluncur roket jarak pendek MK 15 yang terpampang dalam hidung kapal. Diperlihatkan pula, 32 peluncur roket jarak jauh termasuk rudal Tomhawk yang dioperasikan dengan menggunakan komputer.

“Untuk rudal peluncur, kami harus mendapatkan kordinat dari daratan atau sumber informasi baik melalui satelit untuk mengetahui posisi musuh. Sekali meluncur dibutuhkan waktu dua detik. Namun, tidak semua roket bisa diluncurkan secara langsung,” papar Alex.

Sebagai alat mobillisasi maupun penunjang serangan, kapal berawak lebih dari 300 orang ini dilengkapi dengan empat helikopter tipe SH 60 Seahawk yang dipersenjatai dengan torpedo MK 46 dan rudal Hellfire.

Terakhir, Republika.co.id, diberikan kesempatan untuk melihat pusat kemudi USS Howard. Diperlihatkan berbagai kelengkapan seperti peta, radar, dan arah kemudi. Alex menerangkan, dalam mengemudikan kapal perang yang diharuskan menjelajah berbagai wilayah, keberadaan data yang terhimpun baik melalui satelit dan alat komunikasi lain sangat diperlukan. Tanpa informasi posisi kapal dan musuh, kapal begitu rentan diserang musuh.

(sumber : http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/05/30/lm0hkt-melihat-lebih-dekat-kapal-antiperompak-milik-as )


Read Full story

Kapal-Kapal Pesiar Termewah Termegah Di Dunia - Kalau dulu mungkin kapal termegah yang ada di dunia adalah kapal Titanik. Anda mungkin pernah menyaksikan film Titanik dimana kapal pesiar tersebut sangat mewah dan megah. Walaupun cuma di film tapi kejadian tenggelamya kapal Titanik merupakan kisah nyata sehingga gambaran kisah kapal pesiar Titanik juga disesuaikan dengan kejadian sebenarnya. Lalu seperti apakah kapal pesiar termegah dan termewah di dunia saat ini.

Sebelum Anda melihat kapal pesiar termewah di dunia saat ini mungkin Anda juga ingin lihat  Kapal Pesiar Terbesar Di Dunia  atau daftar Kapal-Kapal Terbesar Yang Ada Di Dunia,dari blog informasi pelaut indonesia ini.

Gambar Foto Kapal kapal Pesiar termewah dan termegah yang ada di Dunia

Kapal termewah di dunia

Kapal termegah di dunia

Kapal termewah termegah di dunia

Baca juga  Cara Kerja Kapal Laut Dan Prinsip Kerja Mesin Penggerak Utama Kapal Dan Mesin Bantu, Perusahaan Perkapalan Indonesia Dan Daftar Alamat Perusahaan Pelayaran Lengkap Di Indonesia, Sejarah Pendidikan Pelaut Di Indonesia Pendidikan Akademis Pelaut dan Hirarki di Kapal  atau pengen lihat video kapal serta info kecelakaan kapal   



Read Full story

Detik-Detik Menjelang Penyanderaan Kapal MV Sinar Kudus Dan Awak Kapal (ABK) Oleh Perompak Somalia - Selama ini kita hanya mendengar berita seputar peristiwa Pembajakan Kapal Milik PT Samudera Indonesia MV Sinar Kudus Oleh Perompak Somalia tanpa tahu seperti apakah detik-detik menjelang penyenderaan yang di lakukan oleh pembajak Somalia tersebut. Berikut ini Kisah Penyanderaan Kapal dan Awak Kapal ABK Sinar Kudus  milik PT Samudera Indonesia di bajak oleh kawanan perompak Somalia.

Tugas Kapten Slamet ‘memasang kawat berduri ‘ di atas lambung kapal baru rampung separuh ketika kapal penangkap ikan berbendera Somalia bergerak mendekat. Tak ada yang peduli. Pun 17 awak kapal yang sibuk di anjungan.

Pagi itu, Rabu 16 Maret 2011. Jarum jam bergerak pukul 09.30 waktu setempat. Sinar Kudus, Kapal kargo yang diawaki Kapten Slamet Juari, berada di arah 280 derajat ke 310.

Berlayar selama 20 hari dari Pomalaa, Sulawesi Selatan, menuju Rotterdam, Belanda, kapal milik PT Samudera Indonesia itu sedang mengangkut bijih nikel senilai Rp 1,4 triliun.

Merayap di Semenanjung Somalia dengan kecepatan maksimal 11-12 knot, dalam beberapa jam lagi, hitungan Kapten Slamet, Sinar Kudus bakal memasuki Terusan Suez. “ Jika tidak ada gangguan cuaca, kapal itu bisa berlabuh ke Rotterdam lima hari lagi” ujarnya.

Semua prediksi Kapten Slamet buyar manakala kapal berbendera Somalia itu tiba-tiba menyalip Sinar Kudus, lalu berbalik haluan setelah empat mil di depan. Mereka menurunkan dua speed boat dari lambung. Hanya dalam hitungan menit, speed boat berisi empat dan enam orang itu melesat mendekat Sinar Kudus.

Semua penumpang speed boat berbadan gelap. Mereka memanggul senjata api laras panjang berkalung peluru. “ Saat itulah, kami baru sadar kalau mereka bajak laut” kata Sugiyanto, 47 tahun, Kepala Kamar Mesin Sinar Kudus.

Ketika itu, 17 awak kapal berada di anjungan, sibuk memasang kawat berduri yang akan dialiri listrik. Tiga lainnya berada di bagian mesin dan ruangan nahkoda.

Menyadari bahaya yang mengancam, Kapten memerintahkan kapal dikebut untuk menghindar. Tapi tetap saja, meski Sinar Kudus sudah empot-empotan mengenjot kecepatan hingga 12 knot/jam, kapal kargo itu masih kalah dengan kecepatan speed boat perompak yang mencapai 30 knot/jam.

Lewat radio, seluruh awak kapal dihalo-halo untuk bersiaga. Semua akses masuk kapal ditutup, termasuk bagian mesin hingga pintu anjungan.

Akan tetapi, dua speed boat itu memprovokasi dengan memotong haluan. Kapten Slamet Juhari menolak berhenti. Beberapa aksi akrobatik dilakukan menghindari para perompak.

Kesal lantaran tak patuh, para lanun itu lalu menembak satu RPG ke arah lambung kiri. Sinar Kudus berusaha menangkis, untung tak kena. Tambah kesal, para lanun menembak lagi di arah kanan. Beberapa lanun lain menembak pistol ke udara. Dengan toa, mereka berteriak, “Stop it, Stop it!”

Sinar Kudus tetap membandel. Kali ini, speed boat lanun nekat memepet kapal. Mereka meloncat dan naik kapal dengan tangga aluminium sepanjang 6 meter pada bagian kiri dan kanan. “Mereka naik kapal.“ kata Masbukin, mualim Sinar Kudus.

Melalui radio, Kapten Slamet masih berteriak, “Tutup dan Siaga!” Seluruh pintu memang ditutup dan dipalang, namun dari anjungan kiri para lanun itu mengedor-ngedor pintu. Mereka berteriak mengancam akan meledakkan kapal.

Perang kata itu berlangsung beberapa menit. Karena pintu kaca mudah ditembus dan nahkoda takut ada korban jiwa, pintu itu akhirnya dibuka. Para perompak itu langsung masuk menyerbu dan menodongkan senjata.

Sebelumnya, mualim Masbukin berusaha mencari bala bantuan. Menelpon UNKTO, koordinator pengamanan di semenanjung itu. UNKTO adalah gabungan tentara UN dengan tentara NATO. Kontak tak tersambung.

Masbukin mencoba mengontak kantor Samudera Indonesia di Jakarta. Empat kali telpon tidak diangkat. Frustasi, Masbukin memencet tombol pilihan terakhir, tombol SSI. “Itu sinyal pertanda kapal dibajak” kata Masbukin.

Sepuluh menit kemudian, kantornya menelpon balik. Maryadi, CSO Samudera Indonesia, bertanya. "Tes SSI?“ Dengan setengah teriak, Masbukin melapor. "Ini bukan tes, Pak, tapi perompak sudah di kapal!”


Sebagian para perompak itu sudah ada di kapal. Berurutan, speed boat tambahan merapat dan naiklah gerombolan perompak tambahan dari tangga aluminium itu. Ujung tangga itu melengkeng menyerupai jangkar dan mencengkeram bibir geladak. Mereka naik ke atas kapal sambil menodongkan senjata.

Tak ada yang bisa diperbuat 20 awak kapal Sinar Kudus selain mengangkat tangan. Apalagi jumlah perompak yang naik ke atas kapal terus bertambah hingga sekitar 30 orang.

Menggunakan bahasa Inggris yang tidak terlalu jelas, mereka meminta semua awak berkumpul di anjungan. Seluruh awak kapal digeledah dalam todongan senjata api. Mereka mengambil semua benda yang berada di saku sandera, termasuk ponsel dan kunci loker.

Setelah berbicara dengan Kapten Slamet, beberapa perompak memeriksa muatan kapal. Sugiyanto menduga para perompak menanyakan muatan kapal dan kemudian melakukan pemeriksaan.

Tak hanya muatan bijih nikel yang diperiksa, seluruh kamar awak kapal berikut barang-barangnya diacak-acak. Mereka mengambil benda yang dinilai berharga, seperti ponsel, jam tangan, hingga laptop.

Ketegangan dan kepanikan menyeruak ada di mana-mana. Kapten Slamet tidak henti menyakinkan awak kapal agar tidak memberikan perlawanan. Keadaan mulai sedikit tenang ketika salah satu perompak menjanjikan semua ABK yang disandera pasti dipulangkan dengan selamat ke Tanah Air.

Usut punya usut, keberadaan para perompak di atas kapal Sinar Kudus ternyata sudah diketahui dan disiarkan ke seluruh nahkoda kapal oleh petugas keamanan laut. Mereka diminta menjaga jarak sejauh 100 mil dari Sinar Kudus yang diidentifikasi sebagai kapal perompak.

Usai memutuskan membajak Sinar Kudus, para perompak mengarahkan kapal kembali ke Perairan Somalia. Dari posisi tersebut, kapal diminta mendekat ke sebuah teluk dengan waktu tempuh delapan jam. Sugiyanto mengidentifikasinya sebagai lokasi sarang perompak.

Tak lama berada di teluk, beberapa speed boat datang mendekat membawa perbekalan, di antaranya beras, tepung, gula, hingga kambing. Suplai bekal makanan dari darat itu disiapkan dalam jumlah banyak untuk memenuhi logistik perompak.

Jumlah anggota pembajak pun bertambah menjadi 60 orang. Mereka tampaknya telah mengantisipasi proses negosiasi yang akan berlangsung lama. Sejak saat itulah drama penyanderaan para perompak dimulai. (sumber :http://www.tempointeraktif.com)


Read Full story

Kapal Pesiar Terbesar Di Dunia

Diposting oleh Ridwan Borneo 0 komentar

Kapal Pesiar Terbesar Di Dunia - Kita sering kali mendengar nama kapal pesiar walaupun mungkin belum pernah melihatnya secara langsung. Biasanya yang sering kita dengar kapal pesiar pastilah besar dan megah. Info kali ini mengenai kapal pesiar terbesar di dunia. Lihat juga mengenai  Video Kapal Pesiar (youtube) Kapal Pesiar Kelas Dunia Berjuang Melawan Ganasnya Badai dan Ombak Di Laut atau  Kapal Terbesar Di Dunia | Kapal Laut Tanker Cargo Cruise Terbesar Di Dunia


Kapal Pesiar Terbesar Di Dunia

Kapal pesiar terbesar di dunia berhasil melewati rintangan berat pertama saat lewat di bawah jembatan Great Belt Fixed Link di Denmark. Kapal itu dalam perjalanan dari pabriknya di Finlandia menuju Florida, Amerika Serikat (AS).

Kapal pesiar "Oasis of the Seas," yang memiliki 20 tingkat ini, menyusup di bawah jembatan dengan jarak antara kapal dengan jembatan hanya kurang dari dua kaki atau sekitar setengah meter saja.

Ratusan orang berkumpul di kedua ujung jembatan, menunggu berjam-jam untuk menyaksikan kapal yang berukuran lima kali lebih besar dibanding Titanic tersebut. "Sangat fantatis melihat kapal bergerak dengan luwes di bawah jembatan. Astaga, kapal itu besar sekali," kata Kurt Hal, 56 tahun.

Kapal Oasis yang dibangun dengan biaya US$1,5 miliar ini memiliki tujuh wahana, sebuah seluncur es, lapangan golf ukuran mini, dan satu amphitheater outdoor dengan 750 kapasitas tempat duduk. Sedangkan teater indoor memiliki 1.300 tempat duduk. Oasis memiliki 2.700 kabin dan bisa mengakomodasi 6.300 penumpang dan 2.100 kru kapal.

Akomodasi termasuk serambi di setiap kabin, dengan jendela dari lantai ke atap, dan suite mewah berukuran 487 meter dengan balkon menghadap ke laut atau geladak kapal. Oasis juga punya empat kolam renang, lapangan voli, dan lapangan basket, serta zona anak muda dengan taman bermain dan penitipan anak.

Salah satu dari berbagai wahana adalah wahana tropis dengan pohon-pohon kelapa dan anggur berjumlah total 12.000 tanaman di kapal. Pohon-pohon itu akan ditanam setelah kapal tiba di pelabuhan Fort Lauderdale. Selain itu, wahana bernama "Central Park" menyajikan sebuah lokasi dengan butik, restoran, dan bar, termasuk bar yang bisa bergerak naik dan turun tiga geladak kapal.

Setelah berhasil melewati jembatan, begitu tiba di pelabuhan tempat Oasis akan ditambatkan, Oasis akan menghadapi rintangan lain, yakni krisis ekonomi AS dan kekhawatiran akan keinginan konsumen AS untuk menikmati kapal pesiar mewah tersebut. Oasis akan memulai debutnya di AS pada 20 November mendatang di Port Everglades, Florida.

Penulis buku panduan wisata, Arthur Frommer, sudah mengritik Oasis dan juga kapal-kapal pesiar besar lainnya. Frommer menganggap kapal-kapal semacam itu mengurangi cita rasa pengalaman wisata dengan kapal pesiar dan berlayar menggunakan kapal besar merusak lingkungan. Oasis of the Seas dirancang beberapa tahun sebelum krisis ekonomi menyebabkan penguasah wisata kapal pesiar memangkas harga. (vivanews.com) 


Read Full story

Kapal Perang Rusia Kapal Perusak Armada Pasifik Admiral Panteleyev Kunjungi Singapura dan Indonesia - Pada tanggal 16 Mei hingga 27 Mei 2011 Kapal perang dari negara Rusia akan melakukan ekshibisi AL IMDEX-2011 dan rencananya akan melakukan latihan bersama dengan TNI AL. Lihat  Kapal Terbesar Di Dunia | Kapal Laut Tanker Cargo Cruise Terbesar Di Dunia dan  Perusahaan Perkapalan Indonesia Dan Daftar Alamat Perusahaan Pelayaran Lengkap Di Indonesia   

Seorang juru bicara kapal Kapten Roman Martov mengatakan :

"Kapal perang Rusia telah beberapa kali terlibat dalam ekshibisi ini,"
"Misalnya, kapal Rusia Varyag, armada utama Pasifik, mengunjungi Singapura dalam even yang sama pada 2009."

Laksamana Panteleyev merupakan sebuah kapal perusak jenis Udaloy, dan akan berada di negara Singapura hingga 20 Mei. Selanjutnya akan ke Indonesia, untuk berlatih anti pembajakan dengan TNI AL.

"Dalam kunjungan nanti, kapal perang Rusia dan Indonesian akan menggelar latihan antipembajakan," ujar Martov, sambil menambahkan misi simulasi itu akan melakukan penyelamatan kapal tanker yang dibajak.

Kapal perusak Rusia tersebut akan berlabuh di Pelabuhan Makassar pada 25-27 Mei.
Admiral Panteleyev berpengalaman dalam operasi antipembajakan di lepas pantai Somalia pada 2009. Kapal perang Rusai tersebut juga pernah menggagalkan pembajakan 29 perompak terhadap kapal tanker Rusian dalam perjalanan ke Singapura, dan juga serangan pembajak kapal kargo saat mengawal konvoi enam kapal dagang itu.

Mau lihat beberapa video tentang Kapal Nabi Nuh : Ini Dia Video Penemuan Kapal Nabi Nuh atau video kapal lainya.

Read Full story

Kapal Laut Terbesar Di Dunia - Anda mungkin pernah lihat sebuah kapal, melihat kapal atau mungkin juga pernah naik kapal. Besar kecilnya ukuran kapal mungkin berbeda-beda. Tapi apakah Anda Pengen tahu kapal laut terbesar yang ada di Dunia? INi ada informasi yang mungkin ingin Anda ketahui untuk menambah wawasan dan pengetahuan kapal laut terbesar yang ada di dunia. Baca juga  Sejarah Pendidikan Pelaut Di Indonesia Pendidikan Akademis Pelaut dan Hirarki di Kapal, Perusahaan Perkapalan Indonesia Dan Daftar Alamat Perusahaan Pelayaran Lengkap Di Indonesia  berita  kecelakaan kapal atau  Kapal Nabi Nuh : Ini Dia Video Penemuan Kapal Nabi Nuh   


1. PIERRE GUILLAUMAT

Kapal Terbesar Yang Pernah Dibuat adalah 4 supertanker kelas Batillus buatan Perancis pada akhir 70-an, berbobot mati 555.000 ton dan panjang 414 meter. Diluncurkan dari galangan kapal Chantiers de l’Atlantique di Saint Nazaire.

Satu-satunya kapal yang lebih besar adalah si jumbo “Knock Nevis”; ex “Jahre Viking”, ex “Seawise Giant”, ex “Porthos”, di tahun 1981. Tapi, supertanker dari kelas Batillus mempunyai tonase kotor yang lebih besar, sehingga bisa dianggap lebih besar dari Knock Nevis.

Keempat kapal dari kelas Batillus itu adalah sebagai berikut:
* Batillus, buatan 1976, diistirahatkan 1985.
* Bellamya, buatan 1976, diistirahatkan 1986.
* Pierre Guillaumat, buatan 1977, diistirahatkan 1983.
* Prairial, buatan 1979, (juga dikenal dengan sebutan “Hellas Fos” dan “Sea
Giant”) – gantung sepatu tahun 2003

2.Super Tanker Knock Nevis

Inilah raja dari segala supertanker, dan mungkin jika dilihat dari dimensinya merupakan kapal terbesar yang pernah dibuat . Yang jelas untuk yang masih beroperasi, memang kapal inilah yang terbesar. Cerita perjalanan karirnya-pun cukup menarik.

Pertama-tama kapal ini punya banyak nama sebutan:
- “Seawise Giant”
- “Porthos”
- “Happy Giant”
- “Jahre Viking”
- “Knock Nevis”

Knock Nevis, or T.T. Jahre Viking adalah kapal terbesar yang pernah dibuat. Ini adalah super tanker dengan kelas ULCC (Ultra Large Crude Carrier), kapal ini berukuran panjang 485 meter (1503 feet), apabila kapal ini berdiri maka kapal ini akan lebih tinggi dari Petronas Twin Tower .

Jahre Viking mempunyai kedalaman sarat muatan penuh 25 meter. Karena ukurannya yang besar ini, Jahre Viking tidak bisa melewati terusan Panama maupun terusan Suez bahkan Selat Inggris-pun tidak bisa dilewati. Cargo capacity (deadweight tonnage) dari Jahre Viking adalah 564,763 ton, Jahre Viking dapat mengangkut sekitar 650,000 m³ (4.1 juta barrel) minyak mentah (crude oil) sekali berlayar.

Jahre Viking pada mulanya dibangun dengan displacement of 480,000 tons oleh Sumitomo Heavy Industries Yard di Jepang pada 1975 dengan nomor lambung 1016, yang kemudian diberi nama Seawise Giant.Sebagai gambaran, lihat perbandingan skalanya dengan menara Eiffel dan Empire State Building:


3.Cargo Ship Emma Maersk

Salah satu Container Ship terbesar di dunia tentu saja dimiliki oleh perusahan pemilik Container Ship terbesar MAERSK-Group. Kapal ini diberi nama EMMA MAERSK, merupakan Container Ship terbesar yang sudah dioperasikan.

Kapal ini mampu memuat hampir 11,000 TEU’s (Twenty feet Equivalent Unit), tidak kurang dari 1,400 container lebih banyak dari pada kemampuan muat kapal lain. Itu menurut batas stabilitas kapal sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan, dengan asumsi berat per container 14 ton. Tetapi pada dasarnya kapal ini didesain mampu memuat 14,500 TEU’s.

Kapal ini dibuat oleh Odense Steel Shipyard Denmark pada 2006. Ada fakta yang menarik ketika kapal ini sedang dibangun, dimana terjadi kebakaran besar di dek akomodasi dan bridge deck yang menyebabkan banyak kerusakan. Tetapi semuanya dapat diperbaiki dengan cepat dan kapal diselesaikan tepat waktu. Kapal ini diberi nama EMMA MAERSK, yang merupakan nama dari istri Maersk Mc-Kinney pendiri MAERSK-Group

4.Cruise Ship Queen Mary II

Kapal Pesiar termewah dan terbesar yang beroperasi untuk saat ini adalah Quenn Mary 2. Queen Mary 2 beroperasi dibawah bendera Cunard Line, yang merupakan pemilik kapal pesiar terbesar sebelumnya The Queen Mary. Queen Mary 2 ter-registrasi di Suthampton, United Kingdom.

Pembangunan Queen Mary 2 menelan biaya sekitar 900 juta US dollars, itu merupakan salah satu kapal termahal yang pernah dibuat. Tetapi biaya pembangunan yang segitu besar sebanding dengan kemewahan yang ditawarkan, Queen Mary 2 adalah “The most luxurious pearl in the crown of cruise liners”.

Eksterior dari Queen Mary 2 ditangani oleh arsitek handal Stephen Payne. Ukuran yang sangat besar menjadi halangan terbesar dalam menciptakan kenyamanan bagi penumpang. Sebagai contoh, chimney kapal harus di-desain agar gas buang yang dihasilkan mesin kapal tidak menimbulkan polusi di sekitar upper deck yang merupakan public area paling ramai di kapal itu.


5.Berge Stahl

Berge Stahl terdaftar di Stavanger, Norwegia. kapal ini sebelumnya terdaftar di Monrovia, Liberia. kapal ini dibangun pada tahun 1986 oleh Hyundai Heavy Industries. Kapal ini sekarang dimiliki perusahaan Singapura BW Group.karena ukurannya yang sangat besar, Kapal ini hanya dapat merapat penuh di dua pelabuhan didunia yaitu, Terminal MarĂ­timo de Ponta da Madeira di Brazil dan Europoort dekat Rotterdam di Belanda.

6. Carrier, USS Enterprise

Kapal perang terbesar, tentu saja adalah kapal induk yang dimiliki oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.Dari sekian banyak armada perang US Navy, yang terbesar adalah kapal induk dari kelas Nimitz. Supercarrier kelas Nimitz ini dilengkapi dengan masing-masing 2 reaktor nuklir buatan Westinghouse yang menggerakkan 4 turbin uap yang terhubung dengan 4 poros propeller.

Mesin turbinnya menghasilkan 260,000 tenaga kuda yang dapat menggerakkan kapal dengan kecepatan 30+ knots. Dengan reaktor nuklir ini artinya kapal ini tidak perlu “ngisi Pertamax” selama 20 tahun. Dengan sistem logistik yang dimiliki oleh US Navy memungkinkan kapal ini untuk berlayar mengelilingi dunia non stop tanpa perlu berhenti dan bersandar di pelabuhan untuk mengisi ulang logistik.

Dengan ukuran panjang 340 meter, beam 78 meter dan draft 12 meter, Nimitz-class supercarrier mempunyai displacement 101,196 ton. Total kru onboard adalah 5,700 orang, terdiri dari 3,200 pelaut dan 2,500 wing udara. Total pesawat yang dapat dibawa adalah 85 unit yang merupakan kombinasi dari F-18E/F Super Hornet, EA-6B Prowler, E-2 Hawkeye, C-2 Greyhound, SH/HH-60 Seahawkdan S-3 Viking


Sumber : http://blog-thelounge.blogspot.com/2009/08/kapal-laut-terbesar-di-dunia.html

Read Full story

Kapal Pengungsi Libya Tenggelam 600 Penumpang Imigran Afrika Tewas Akibat Kapal Kelebihan Muatan - Akibat kelebihan muatan penumpang kapal sebuah kapal tenggelam tak jauh dari pelabuhan Tripoli. Dilansir oleh Associated Press, bahwa pada hari Selasa (10/5/2011), para pengungsi yang menumpang kapal lain dengan waktu keberangkatan yang sama, menyaksikan sisa-sisa kapal yang tenggelam dan jasad beberapa korban yang mengapung di laut. Mereka melihatnya, beberapa saat setelah insiden kerusakan badan kapal terjadi.


Hampir seluruh penumpang dari kapal penuh sesak yang mengangkut 600 migran Afrika dari Libya ke Eropa tewas saat kapal tersebut tenggelam tak jauh dari pelabuhan Tripoli.

PBB menuduh Pemerintah Libya terlibat dalam meningkatnya jumlah penyelundupan pengungsi yang berakhir dengan insiden mematikan. Sebagian besar dari pengungsi merupakan pekerja dari sub-Sahara Afrika yang pindah ke Libya untuk mencari sebelum akhirnya perang pecah di negara tersebut pada Maret.

Beberapa organisasi internasional mengatakan, baru-baru ini sejumlah warga migran dipaksa dengan todongan senjata untuk menaiki kapal penuh muatan yang berbahaya.

Namun, seorang juru bicara Moammar Khadafi menyatakan, meningkatnya imigrasi ilegal merupakan akibat dari negara-negara Eropa yang memberikan dukungan militer dan politik pada pemberontak Libya yang ingin menggulingkan pemimpin Libya.

“Karena agresi NATO pada negara kami dan karena penjaga pantai perbatasan kami mendapat serangan setiap hari, kami tidak mampu mengatasi situasi ini dan itulah kenapa Eropa dibanjiri imigrasi ilegal. Kami tidak bisa menjadi penjaga Eropa saat ini,” ujar juru bicara Pemerintah Libya Moussa Ibrahim seperti dikutip Associated Press, Rabu (11/5/2011).

PBB menggambarkan kejadian tenggelamnya kapal pengungsi pada Jumat 6 Mei, yang mengakibatkan migran, sebagian besar dari Somalia, terjebak di bawah dek kapal dan tenggelam tak jauh dari pesisir Tripoli.

“Kami mengetahui ada beberapa korban selamat yang bisa berenang ke pantai, namun kami yakin hanya sedikit dari mereka yang selamat,” ujar juru bicara badan pengungsi PBB, Melissa Fleming.

Fleming mengatakan, seorang diplomat Somalia di Tripoli telah menemukan 16 jenazah, termasuk dua bayi.


Read Full story

20 Anak Buah Kapal (ABK) MV Sinar Kudus Yang Di Sandera Perompak Somalia Tiba di Tanah Air - Setelah mengalami penyanderaan oleh kawanan pembajak Somalia akhirnya 20 orang awak kapal MV Sinar Kudus tiba di tanah air. Tentu saja kedatangan mereka di sambut dengan gembira oleh keluarga masing masing.


Setelah dibebaskan penyanderaan bajak laut Somalia, 20 orang Anak Buah Kapal (ABK) MV Sinar Kudus kini sudah menginjakkan kaki di Tanah Air. Kedatangan mereka disambut hangat oleh keluarga masing-masing di Bandar Udara Soekarno Hatta.

"Dengan pembebasan MV Sinar Kudus, kru akhirnya bisa kembali ke Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta," ujar Wakil Direktur PT Samudera Indonesia, David Batubara, kepada detikcom, Sabtu (7/5/2011).

David pun sudah memilih tempat khusus bagi keluarga untuk berkumpul. Tempat tersebut berada di sebuah hotel tak jauh dari Bandara.

"Dan malam ini kita fasilitasi keluarga berkumpul di suatu tempat untuk bersukacita daripada berkumpul di bandara," paparnya.

Sementara itu kapal MV Sinar Kudus saat ini masih berada di Oman. Kapal akan melanjutkan perjalanan setelah selesai perbaikan.

"Setelah selesai perbaikan kapal MV Sinar Kudus akan diberangkatkan ke Oman dengan kru baru yang sudah kita siapkan," tandasnya. ( detiknews.com ) 

Read Full story

Kisah Cerita Penyanderaan Awak Kapal ABK Sinar Kudus Yang Di Sandera Oleh Perompak Somalia - Selalu ada kisah yang menarik di balik suatu peristiwa. Termasuk kisah yang mengharukan yang di alami oleh 20 ABK Sinar Kudus. Seperti apakah pengalaman yang menegangkan selama 46 hari yang di alami oleh para awak kapal (ABK) Sinar Kudus.

Sebelum baca kisah yang mengharukan yang di alami oleh awak kapal yang di sandera oleh kawanan pembajak perompak Somalia baca dulu nie Pembajakan Kapal Milik PT Samudera Indonesia MV Sinar Kudus Oleh Perompak Somalia, NASIB ABK KAPAL SINAR KUDUS, Pembebasan Kapal MV Sinar Kudus Yang Dibajak Oleh Perompak Somalia  atau kalau Anda berminat jadi seorang pelaut Indonesia cari info yang berkaitan dengan dunia pelaut di  berita pelaut  dan  jadwal diklat untuk pelaut.

Kisah penyanderaan menjadi cerita mengharu-biru bagi 20 awak kapal Sinar Kudus. Suara dar-der-dor senjata api mewarnai 46 hari para awak selama ditahan 60-an perompak Somalia di dalam kapal milik PT Samudera Indonesia di Laut Arab.

Cerita bak film holywood itu tercatat rapi dalam ingatan Mualim 1, Masbugin, asal Kediri dan Nakhoda Kapal, Kapten Slamet Juhari.

Masbugin, baru dua tahun bergabung dengan PT Samudera Indonesia. Namun, dia termasuk anak buah kapal yang "berani melawan" perompak. Padahal Masbuqin terhitung dua kali melewati Laut Arab yang sarat dengan perompak Somalia. Namun, baru kali ini dia dan kawan-kawan disandera.

Masbugin mengatakan awal penyanderaan diketahui saat nakhoda Juhari melihat dua kapal boat turun dan mendekati kapal mereka. Dengan panggilan radio seluruh awak kapal dikumpulkan di anjungan.

"Perompak naik ke kapal. Ada dua sampai empat orang menembaki RPJ dari lambung kiri ke kanan," kata Masbugin mengawali cerita saat ditemui wartawan sesaat setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu 7 Mei 2011 malam.

Sejak hari itu pengalaman pahit harus diterima seluruh awak kapal. Mulai makanan persediaan yang dirampas, kamar tidur dikuasai perompak, sehingga awak kapal dipaksa tidur di anjungan. Seluruh kegiatan awak kapal dijaga ketat dengan todongan senjata api.

Singkat cerita, beberapa hari menjelang bebas, ketegangan mulai terasa. Puncaknya, pada 27 April 2011. "Para perompak yang awalnya setuju dengan tebusan, menolak. Mereka ternyata pecah pandangan," kata Masbugin.

Padahal, kata Masbugin, M. Salah, komandan perompak itu sudah teken persetujuan besaran uang tebusan. Diperkirakan sekitar US $ 3 juta.

Menurut Masbugin, akibat tekanan psikis karena para perompak bersenjata, para awak kapal tidak bisa berbuat banyak. "Kami takut mereka bersenjata. Kalau tidak, kami lawan. Di antara mereka bahkan mengancam membunuh saya," kata Masbugin.

Masbugin juga sempat mendokumentasikan dengan kameranya. "Seperti film, saya tahu urut-urutan ceritanya," ujarnya bahagia.

Kapten Kapal Slamet Juhari juga punya pengalaman yang tak kalah menegangkan. Bahkan dia sempat mengatakan mau tinggal bersama perompak asalkan anak buahnya bebas. Juhari juga keras berbicara kepada kepala perompak, agar tidak mencederai anak buahnya. Juhari mengaku manut saja saat isi dompetnya dikuras perompak.

Awalnya, saat perampok datang, mereka mengatakan salah tangkap. Apalagi tahu sesama muslim dan berasal dari Indonesia. Bahkan, para perompak meminta Juhari ikut mencari target.

"Saya ikuti saja muter-muter tiga hari tapi tidak dapat (target). Tapi , mereka tidak tahu kalau saya sudah menghubungi 'dunia' bahwa kapal kami disandera," kata Juhari.

Bagi Masbugin dan Juhari, laut adalah dunia mereka. Keduanya tidak kapok untuk kembali berlayar. "Saya tidak bisa bekerja di darat," kata Juhari lagi.

Sedangkan Masbugin juga tidak kapok untuk berlayar suatu saat nanti, "Asalkan jangan lewat Somalia," katanya menutup kisah. ( tempointeraktif.com )


Read Full story

Kapal Kargo Burung Laut 102 Terbalik di Dermaga 002 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta - Sebuah kapal yang di duga milik PT Pandai Anugerah Dewata terbalik di pelabuahn tanjung priok Jakarta Indonesia. Kapal dengan berat 555 ton tersebut terbalik karena kelebihan muatan yang berupa baja konstruksi.


foto gambar kapal terbalik

Gambar Foto Kapal Terbalik (Kompas.com)


SEbelum baca info tentang kapal terbalik baca Kapal MT Gemini Di Bajak Di Perairan Laut Kenya Ada 13 ABK WNI Disandera di Kapal Tanker Singapura atau  Pembebasan Kapal MV Sinar Kudus Yang Dibajak Oleh Perompak Somalia . Berita lebih lengkap cari di  kecelakaan kapal. Tapi buat Anda yang punya keinginan menjadi seorang pelaut Indonesia baca  jadwal diklat.       

Kapal Kargo Burung Laut 102 terbalik di Dermaga 002 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (1/5/2011). Diduga kapal milik PT Pandai Anugerah Dewata seberat 555 ton itu kelebihan muatan berupa baja konstruksi.

Kapal mulai miring ke kiri sejak pukul 04.10 dan tenggelam pukul 06.30. "Waktu itu anak buah kapal sedang memuat baja ke dalam kapal. Kemungkinan kapal sudah kelebihan muatan. Kemungkinan lain mereka salah dalam pemuatan, yang ringan di bawah, yang berat di atas," kata Syahbandar Tanjung Priok Susetyo.

Sedianya kapal itu akan berlayar dari Tanjung Priok menuju Banjarmasin, lalu ke Sulawesi guna mengirim baja dan besi untuk bangunan. Akan tetapi, belum sempat meninggalkan dermaga, kapal beserta muatannya tenggelam.

"Kapal itu belum mengajukan permohonan untuk berangkat dan masih dalam keadaan terikat di dermaga," ujar Susetyo.

Salah satu saksi mata, Yance, menuturkan, sejak Senin pukul 20.00 kapal sudah terlihat miring, tetapi tidak ada tindakan apa-apa. "Kapal belum benar-benar tenggelam karena masih ada tali-tali pengaman. Sepertinya memang kebanyakan muatan," ujarnya.

Hingga kemarin sore, petugas masih berupaya membalik kapal ke posisi semula. Kapal masih ditopang dengan tali dan besi. Susetyo mengatakan, para penyelam telah dikerahkan untuk melihat muatan yang masih bisa diselamatkan.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Semua anak buah kapal yang berjumlah 13 orang selamat. Kapten kapal dan mualim masih dimintai keterangan di kantor syahbandar. (Kompas.com)


Read Full story

Kapal MT Gemini Di Bajak Di Perairan Laut Kenya Ada 13 ABK WNI Disandera di Kapal Tanker Singapura - Lagi-lagi berita pembajakan kapal. Dan dari daftar ABK yang ikut di sandera terdapat 13 awak kapal yang berasal dari Indonesia.  Baca  Pembajakan Kapal Milik PT Samudera Indonesia MV Sinar Kudus Oleh Perompak Somalia dan Pembebasan Kapal MV Sinar Kudus Yang Dibajak Oleh Perompak Somalia.  

Sebuah kapal tanker milik Singapura dibajak di luar perairan laut Kenya. Kapal tersebut diawaki oleh 25 anak buah kapal (ABK), yang 13 diantaranya warga negara Indonesia (WNI).
Kapal bermuatan minyak kelapa sawit tersebut bernama MT Gemini. Diyakini para pembajak saat ini menyandera kapal yang berisi 28 ribu ton minyak kelapa sawit mentah. Demikian diberitakan Associated Press, Senin (2/5/2011).

Menurut Glory Ship Management, perusahaan yang memiliki kapal tersebut, MT Gemini sedang berlayar menuju Mombasa, Kenya dari Indonesia. Kapal tersebut diperkirakan dibajak dan diyakini saat ini bergerak menuju Somalia.

Pihak perusahaan mengaku saat ini berusaha untuk membebaskan para kru yang berisikan 13 warga Indonesia, lima orang warga China, empat warga Korea Selatan dan tiga warga Myanmar.

Ini bukan pertama kalinya ABK WNI disandera oleh pembajak kapal. Sebelumnya 20 ABK WNI disandera oleh pembajak Somalia, saat kapal Sinar Kudus dibajak saat berada di luar perairan Somalia.

Aksi pembajakan yang terjadi sejak 16 Maret tersebut, masih terus menyisakan tanda tanya. Mengingat 20 ABK WNI tersebut saat ini masih belum dapat dibebaskan.


Read Full story

Pembebasan Kapal MV Sinar Kudus Yang Dibajak Oleh Perompak Somalia - Informasi blog pelaut Indonesia kali ini masih terkait dengan Pembajakan Kapal Milik PT Samudera Indonesia MV Sinar Kudus Oleh Perompak Somalia. Baca info lain seputar penyenderaan kapal indonesia seperti Tindakan Dan Tanggapan Pemerintah Indonesia Terhadap Nasib ABK MV Sinar Kudus Yang Di Sandera Perompak Somalia serta  NASIB ABK KAPAL SINAR KUDUS 


Perompak Somalia membebaskan kapal barang milik Indonesia setelah pemilik kapal membayar uang tebusan, kata sumber kelautan serta pihak perompak pada Sabtu (30/4/2011).

Kapal MV Sinar Kudus dibajak oleh perompak pada 16 Maret yang keberadaannya diperkirakan sejauh 512 kilometer di utara Socotra timur di perairan Somalia dengan jumlah anak buah kapal 31 orang, di mana 20 di antaranya merupakan warga negara Indonesia.

Perompak mengatakan, mereka membebaskan kapal tersebut setelah uang tebusan dijatuhkan melalui angkutan udara kepada mereka.

"Kami menerima uang sebesar 4,5 juta dollar AS pada Sabtu dini hari. Kami telah meninggalkan kapal dan Sinar Kudus bersiap untuk pergi berlayar," kata seorang perompak yang memberi tahu namanya sebagai Geney kepada Reuters dari desa tepi pantai, El Dhanane.

Mantan pejabat kelautan asal Kenya yang saat ini menjadi editor kelautan, The Somali Report, Andrew Mwangura, membenarkan, kapal itu telah dibebaskan dengan menambahkan bahwa mereka belum mulai pergi berlayar. Buat Anda yang tertarik dengan dunia pelaut coba baca  jadwal diklat untuk pelaut serta  info serta   Berita pelaut    (kompas.com)


Read Full story

Penting Di Baca Untuk Calon Pelaut

W3 Directory - the World Wide Web Directory
Add to Google
ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
www.simbonsolution.com
Free 1000 Backlinks
Free Automatic Backlink
Best Backlinks
daily Bookmarks
Auto Dofollow Backlinks
Backlinks Builder
Dofollow Backlinks
Free Hundred Backlinks

Followers - Ikuti Blog Ini